Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Jumat, 06 Maret 2020

Penerapan Gaya Archimedes oleh Buaya Untuk Bergerak di Air


Tahukah kamu bahwa buaya itu menerapkan prinsip gaya Archimedes (gaya apung) untuk bergerak atau bermanuver di dalam air? buaya menggunakan paru-paru yang penuh berisi udara untuk meningkatkan gaya archimedesnya sehingga berfungsi sebagai pelampung. mekanisme ini membantu buaya untuk bergerak minim suara dan halus.
Ketika buaya ingin menyelam maka buaya akan menarik otot diafragma sehingga  hati dan paru-paru akan berpindah atau mundur ke belakang. hal ini menyebabkan moncong akan menukik ke dalam air atau kepala mengarah ke dasar air dan menyebabkan kedalaman buaya bertambah. 
Untuk berguling ke kanan buaya mengurangi volume paru-paru kanan dengan merelaksasikan otot pernapasan sehingga udara yang semula di paru-paru kanan berpindah ke paru-paru kiri, volume paru-paru kiri bertambah sehingga tubuh bagian kiri terangkat dan dan tubuh bagian kanan menurun. 

Supaya buaya naik ke permukaan air maka buaya akan mengubah posisi paru-parunya ke depan sehingga tubuh bagian moncong dan depan mengarah ke permukaan air dan diikuti bagian tubuh yang lain.
---------------------------------------
disarikan dari majalah National Geographic Indonesia edisi Januari 2009

Ilustrasi : hiram Henriquez (Staff NG)
Sumber : T.J. Uriona, University Of Utah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Penerapan Gaya Archimedes oleh Buaya Untuk Bergerak di Air Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan