Latest News
Sabtu, 31 Agustus 2019

Review Buku Mendidik Anak di Era Digital - Anne Gacia dkk Kemdibud RI


Pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah buku yang berjudul Mendidik Anak di era digital. Buku ini merupakan salah satu buku yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia untuk orang tua yang ada di negeri ini. Buku ini merupakan buku untuk pegangan orang tua yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan partisipasi pendidikan anak, baik di satuan pendidikan maupun di rumah. Sehingga Oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan buku ini dikelompokkan kedalam seri pendidikan orang tua.

Buku yang ditulis Anne Gracia, Maswita Djaja, Nirawaty Ninin, Nurbaeti Rachman, Syefriani Damis, Gita Nur Patria, Sumarti, Hario Bismo, Widuri, Laila Ayu Karlina, dan Bukik Setiawan mengenalkan orang tua tentang Era Digital, Perkembangan Teknologi Digital, Manfaat dan Risiko Penggunaan Teknologi Digital, Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital, dan cara Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital dengan Tepat.

Buku yang dicetak pertama kali pada tahun 2018 sangat bagus untuk dibaca oleh kalangan orang tua, calon orang tua, dan pendidik. Mengingat era digital sangat rawan bagi anak-anak jika mereka masuk ke dalamnya tanpa panduan dari orang tua. Mereka dimungkinkan akan tersesat ke dalam jutaan konten yang akan menjerumuskan ke hal-hal negatif. Maka orang tua sangat disarankan untuk berilmu dulu sebelum melepas anaknya ke era digital yang arusnya yang tidak pernah pasti. Setelah memahami maka orang tua, calon orang tua, dan pendidik mampu mengarahkan anak-anaknya untuk tetap di jalan yang benar dan tepat.

Intan Nur Fajri, Jodi Rahman, Nur Afni Yustikasari melayout buku ini dengan estetika yang nyaman untuk mata. Penggunaan warna yang cerah dan teduh mampu melahirkan nuansa yang damai. Ilustrasi di dalamnya sangat menggambarkan konten supaya mampu dipahami dengan baik. Pemilihan jenis font sangat sesuai baik ukuran maupun stylenya yang mampu terbaca dengan baik serta memperlihatkan nilai seni yang tinggi. Ukuran file buku elektronik ini juga cukup kecil sehingga mudah untuk didistribusikan melalui twitter, facebook, whastapp dan lain lain.
Menurut saya hampir tidak ada kekurangan dalam buku ini kecuali memiliki ISBN. Saya berharap kedepan semua buku dalam seri pendidikan keluarga memiliki ISBN.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Review Buku Mendidik Anak di Era Digital - Anne Gacia dkk Kemdibud RI Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan