Latest News
Rabu, 13 Juni 2018

MP3 Kajian Peradaban Islam - Kedatangan Katolik Protestan, Penginjilan dan Kristenisasi di Jawa


Pada bulan Ramadhan 1439 Hijriah / Mei 2018 M  Studi Wawasan Islam mengadakan kajian rutin pada hari selasa dan kamis dengan tema : "Kedatangan Katolik dan Protestan di Kepulauan Nusantara"; "Abad Misi, Dari Penginjilan ke Kristenisasi : Strategi Kaum Kolonial dan Penaklukan Jawa"; "Jawa Sebagai Eksperimen Sosio-kultural Misionaris Eropa Abad 19-20 M"; "Penginjilan Kebudayaan: Masuknya Agama Katolik Melalui Kesusastraan dan Kesenian Jawa" di Masjid Al Barokah, Panggungrejo, Belakang Gedung Insan Cita dengan Narasumber Ustadz Arif Wibowo, S.P M.PI [Direktur Pusat Studi Peradaban Islam].

Penginjilan dikenal dengan istilah evangelitation yaitu penyampaian kabar baik berupa hadirnya messiah (yesus kristus). Yesus memiliki murid yang eksis yaitu petrus dimana ajarannya masih lurus sesuai dengan ajarannya. Kemudian petrus memiliki murid yang bernama Paulus dan nantinya akan membentuk komuni gereja. Paulus ini awalnya memusuhi yesus dan ajarannya namun bertobat setelah mendapat seberkas cahaya masuk ke matanya sehingga menyebabkan buta. Kebutaannya ini akhirnya sembuh setelah bertemu dengan petrus.

Ajaran yesus pada awalnya ditujukan untuk umat yahudi saja, namun dalam perkembangannya diajarkan ke non yahudi oleh Paulus yang berujung pada munculnya komuni baru. Surat-surat dari Paulus untuk jamaahnya disusun oleh yohanes, markus, lukas, yahya menjadi kitab perjanjian baru. Diakonia pada awalnya merupakan ritual persembahan dewa di yunani juga diadopsi oleh kekristenan baru menjadi ritual pelayanan umat berupa bakti social untuk penginjilan. 

Sugiapranata merupakan uskup pertama pribumi nusantara yang juga berperan penting dalam agama Kristen di indonesia, uniknya dia adalah anak kiai. Penyebabnya dia beralih ke Kristen adalah saat menjalani pendidikan formalnya dia diasuh oleh romo sekelas professor. Setelah perang diponegoro para aktivis kristenisasi penasaran kekuatan islam untuk penginjilan. Berdasarkan konsili vatikan II katolik mengadopsi kebudayaan local pada liturgy (peribadatan) dimana semakin mempermudah untuk mempengaruhi pribumi agar masuk ke dalam agama katolik. Katolik membentuk divisi khusus dalam kesenian termasuk rebana, sholawat, gamelan melalui organisasi puskat. 

Next
This is the most recent post.
Posting Lama
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: MP3 Kajian Peradaban Islam - Kedatangan Katolik Protestan, Penginjilan dan Kristenisasi di Jawa Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan