Latest News
Tuesday, May 8, 2018

Review Buku Pendidikan Islam mewujudkan Generasi Gemilang – Dr. Adian Husaini


Buku yang berjudul Pendidikan Islam, Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045 (kompilasi pemikiran pendidikan) yang disusun oleh Dr. Adian husaini mengajak kita untuk menatap sejenak konsep dan aplikasi pendidikan yang sudah berjalan selama ini di Indonesia. Buku terbitan YPI At-Taqwa ini terdiri dan dua bagian besar yaitu konsep pendidikan berbasis adab dan kapita selecta pendidikan. Dalam 349 halaman Dr. adian husaini memaparkan dengan sangat rinci kritik beliau terkait konsep pendidikan yang sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Dicetak pada maret 2018, buku ini sangat hangat dengan wacana terbaru yang dicetuskan oleh Mendibud Muhajir Effendi terkait full day school yang menuai kontroversi. Namun beliau menanggapi dengan santai, bahwa full day school maupun tidak itu sama saja, yang penting sesuai dengan kondisi peserta didik.

Bagian pertama yaitu konsep pendidikan berbasis adab mengenalkan kita kepada pemikiran Prof Syed Naquib Al-Attas, bahwa umat Islam sekarang ini adalah hilang adab. Gagasan tersebut dikembangkan dan diaplikasikan oleh Dr. Muhammad Ardiansyah di perguruan tinggi. Kita diajak juga menelisik berbagai konsep adab dari ulama, Umar Al Faruq, Abdullah Ibnu Mubarak, Abdul Qodir Al Jilani, Imam Syafi’i, Imam Al Ghazaly, Ibnu Qayyim Al Jauziyah. UU no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU no 12 tahun 2012, UUD NRI 1945 pasal 31, materi ajar, kurikulum, materi pendidikan sejarah juga beliau ulas dengan rinci serta kritik saran yang membangun dan aplikatif.

Bagian kedua yaitu capita selecta pendidikan mengajak kita untuk membuka pikiran terkait kurikulum taqwa untuk Indonesia 2045, epistimologi pendidikan pancasila, mendidik adab dari keluarga, belajar adab dari kisah luqman, reformasi usia pendidikan, mutiara pendidikan dari kitab ayyuhal walad, khutbah beliau tentang adab di MK, pesan bapak bangsa Mohammad Natsir tentang jiwa bangsa, nasehat dan teladan syekh amin al hajj, Pengajaran sejarah sains di Indonesia, pesantren Tinggi Imam Al Ghazaly, urgensi pendidikan ulama, peran ulama dalam kemerdekaan dan pembangunan, adab dalam pendidikan sains, menjadi guru beradab, seminar integrasi ilmu di IAIN lampung, manusia beradab menurut, KH hasyim asy’ari, pendidikan Sultan Muhammad Al Faith, Islam dan kebijakan pendidikan di Indonesia, menyambung sejarah, generasi gemilang, pengenalan pristac : terobosan terbaru pendidikan tingkat SMA.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Buku Pendidikan Islam mewujudkan Generasi Gemilang – Dr. Adian Husaini Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan