Latest News
Tuesday, September 12, 2017

Syarah Safinatun Naja 3 - Rukun Iman


Pengajian 3

TENTANG RUKUN IMAN

(فصل ) أركان الإيمان ستة: أن تؤمن بالله ، وملائكته، وكتبه ، وباليوم الآخر ، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى .

Rukun Iman ada enam
1. Beriman kepada Allah 2. Beriman kepada Malaikat Allah 3. Beriman kepada Kitab-kitab Allah 4. Beriman kepada Rasul-rasul Allah 5. Beriman kepada hari akhir/kiamat 6. Beriman kepada qadha dan qadar yang baik dan yang buruk dari Allah swt.

Keterangan : 1. Iman secara bahasa adalah membenarkan, secara istilah tunduknya hati dan patuhnya hati dalam menerima hal hal pokok dari ajaran Nabi Muhammad SAW.

2. Rukun Iman pertama adalah Iman kepada Allah. Yaitu wajib bagi setiap orang mukallaf ( baligh dan berakal ) mengimani sifat wajib Allah yang berjumlah 20, sifat mustahil yang berjumlah 20 dan sifat jaiz yang berjumlah satu.

3. Iman yang kedua adalah kepada Malaikat. Malaikat adalah Makhkluk Allah yang tercipta dari cahaya, yang terbebas dari keburukan keburukan jasmani, dan mampu berubah bentuk kebentuk lainnya. Malaikat yang wajib diketahui ada 10, Yaitu Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Ridwan dan Malik.

4. Iman kepada Kitab kitab Allah. Yaitu meyakini bahwa kitab kitab tersebut merupakan firman Allah yang maha terdahulu, terdapat pada dzatNya, tidak terdiri dari huruf maupun suara, dan apapun yang ada didalamnya adalah haq dan benar. Habib Ahmad bin Umar Syatiri mengatakan Kitab Allah berjumlah 104,
- 50 kepada Nabi Sits - 30 kepada Nabi Idris - 10 kepada Nabi Adam - 10 kepada Nabi Ibrahim - Taurat kepada Nabi Musa - Zabur kepada Nabi Dawud - Injil kepada Nabi Isa - Al Quran kepada Nabi Muhammad
5. Iman yang ke tiga adalah Iman kepada Para Rasul.

Bahwa kita semua wajib beriman kepada utusan utusan Allah yaitu para Rasul, Jumlah Rasul ada 313, ada. Pendapat mengatakan 315. Sebagaimana disebutkan Syekh Nawawi Al Jawi dalam Kitab Tsamratun Yani'ah. Akan tetapi kitab wajib mengetahui 25 Nama Rasul saja. Yang telah masyhur diantara kita.

6. Iman kepada Hari akhir. Kita wajib beriman bahwa hari akhir akan datang, mizan, siroth, surga, meraka dan lain sebagainya. Begitu pula pertanyaan kubur dan siksa serta nikmat kubur.

7. Rukun Iman ke enam adalah Iman kepada Qadla dan Qadar Allah. Taqdir adalah terwujudnya sesuatu sesuai batasan tertentu dan batasan tertentu baik dari dzat maupun perbuatannya. Rukun Iman ke enam ini mewajibkan kita meyakini bahwa segala baik dan buruk yang ada didalam diri kita adalahTaqdir Allah.

SILAKAN DISEBARKAN. Semoga bermanfaat.
Al Faqir R. A.M. Mustain Nasoha Yaman, 6 - 9 - 2017 HP : +967773731349

Dikutip dari grup WA : HIMRONI & ROHIS & LBM



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Syarah Safinatun Naja 3 - Rukun Iman Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan