Latest News
Selasa, 02 Februari 2016

Review Buku 100 Cerita Klasik


Kali ini saya mendapatkan buku terjemahan yang menarik, 100 cerita klasik yang diterbitkan oleh Bhuana ilmu popular. Buku yang pertama kali diterbitkan miles Kelly publishing Ltd pada tahun 2007 ini memuat banyak cerita klasik dari eropa, timur tengah, asia selatan dan asia timur dimana ketika generasi 90-an sedang tumbuh-tumbuhnya. Buku ini mengajak kita untuk mengingat kembali cerita ajaib yang ada pada masa kecil kita. Buku setebal 500 halaman lebih, hardcover, fullcolor, full ilustrasi, kertas artpaper ini bisa dikategorikan murah, hanya Rp 25.000,00 (beruntungnya saya karena kebetulan pas cuci gudang gramedianya, haha – kalau beli secara normal pasti diatas Rp. 100.000-an).

Buku ini terbagi menjadi dua bagian, dimana setiap bagian memilih klasifikasi cerita tersendiri. Bagian satu berisi cerita tentang makhluk ajaib, binatang yang jahat, dan pertualangan yang menegangkan. Pada bagian ini kita akan mengenal tokoh-tokoh terkenal seperti si tudung merah, Cinderella, pangeran katak, jack dan pohon kacang, hansel dan Gretel, putri salju dan tujuh kurcaci, Rapunzel, putri duyung, putrid an kacang polong dll. Cerita pada bagian ini cocok untuk melatih minat baca anak kecil karena ceritanya kebanyakan berupa dongeng dan dunia sihir yang yang seolah-olah nyata bagi anak kecil. 

Bagian dua berisi cerita dongeng yang penuh dengan keajaiban, sihir, pertualangan, dan kelucuan yang mengundang tawa mereka. Kita akan menyelami kisah klasik dan legenda diberbagai sudut dunia yang sangat menarik seperti kisah alibaba dan empat puluh penyamun, kisah kotak Pandora, Thumbelina, Sinbad si pelaut, kelinci dan kura kura, , aladin dan lampu ajaib, yang saya rasa cocok untuk anak yang lebih besar. Dongeng di dalam buku ini mampu membangkitkan imajinasi dan mendorong anak untuk lebih suka membaca serta mengenal cerita yang bermakna dari setiap Negara.

Mungkin kita sudah pernah melihat ceritanya dalam bentuk film karena kebanyakan cerita di dalam buku ini sudah diadaptasi oleh Disney menjadi film animasi yang menarik. Bagi yang bernostalgia dan memiliki rencana supaya anak suka membaca saya sarankan untuk memiliki buku ini.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Review Buku 100 Cerita Klasik Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan