Latest News
Rabu, 03 Februari 2016

Laporan Pengaruh Cahaya terhadap Fotosintesis


Banyak proses yang berlangsung dalam daun, tetapi yang menjadi pembeda dan yang terpenting ialah proses pembuatan bahan makanan. Tumbuhan hijau memiliki kemampuan membuat makanan dari bahan-bahan baku dari tanah dan udara, dan pada aktifitas inilah bergantung kehidupan tumbuhan dan kehidupan seluruh binatang dan manusia. Seluruh benda hidup memerlukan energi tidak saja untuk pertumbuhan dan reproduksi, tetapi juga untuk mempertahankan kehidupan itu sendiri. Energi ini berasal dari energi kimiawi dalam makanan yang dikonsumsi, sedangkan makanan itu asalnya dari proses fotosintesis.

Daun berfungsi sebagai organ utama fotosintes pada tumbuhan tingkat tinggi. Evolusi daun telah mengembangkan suatu struktur yang akan menahan kekerasan lingkungan namun juga efektif dalam penyerapan cahaya dan cepat dalam pengambilan CO2 untuk fotosintesis. Kebanyakan daun tanaman budidaya mempunyai :
  1. Permukaan luar yang luas dan datar,
  2. lapisan pelindung permukaan atas dan bawah,
  3. banyak stomata per satuan luas,
  4. permukaan daun yang luas dan rongga udara yang saling berhubungan,
  5. sejumlah besar kloroplast dalam setiap sel, dan
  6. hubungan yang erat antara ikatan pembuluh dan sel-sel fotosintesis.
  7. Sehelai daun yang ideal untuk pertukaran gas dan penangkapan cahaya adalah setebal satu sel, tetapi kekerasan lingkungan alami menuntut beberapa lapisan sel dan pelindung permukaan agar tetap lestari


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Laporan Pengaruh Cahaya terhadap Fotosintesis Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan