Latest News
Saturday, January 2, 2016

Mangrove, Benteng Pesisir Nusantara

www.ranssoul.com

Hutan mangrove menyimpan kandungan karbon terpadat di kawasan tropis. Ekosistem lahan basah ini menampung lebih dari tiga kali rata- rata karbon per hektar hutan tropis daratan. Mangrove indonesia menyimpan 3,14 miliar metrik ton karbon atau sepertiga stok karbon pesisir global. Permukaan bawah ekosistem mangrove menyimpan 78% karbon di dalam tanah, 20% di pohon hidup (biomassa), 2% di pohon mati. Hilangnya hutan mangrove di indonesia menyumbang 42% emisi gas rumah akca akibat rusaknya ekosistem pesisir.

Menepis intrusi air laut
Barisan vegetasi magrove yang menghadap langsung ke laut mampu beradaptasi terhadap kadar garam yang tinggi. Kemampuan hutan mangrove ini bisa mencegah meresapnya air laut ke daratan.

Sumber obat obatan
Masyarakat pesisir secara tradisional telah menggunkana beberapa jenis tumbuhan hutan mangrove sebagai obat. Xylocarpus sp dapat menyembuhkan diare dan bagus untuk jaringan kulit. Getah api-api biasa untuk meredakan sakit gigi dan menyehatkan peranakan. Daun acanthus sp berkhasiat meringankan rematik.

Vegetasi hutan mangrove
Ekosistem lahan basah ini disusun oleh komunitas tumbuhan hutan mangrove sejati bersama tumbuhan pengiring lainnya. Tumbuhan halofit mampu hidup di wilayah pasang surut dan beradaptasi dengan kadar garam. Komunitasnya berbagi satu kemiripan : mereka beradaptasi dengan canggih.

Migitasi perubahan iklim
Naiknya permukaan laut lantaran perubahan iklim akan mebanjiri pulau kecil dan pesisir. Jasa hutan mangrove dalam melindungi daratan dan menambah luas daratan. Dalam tiga dekade terakhir indonesia kehilangan 40% hutan mangrove. Ini laju kerusakan hutan mangrove tercepat di dunia.

pagar hidup pesisir
deretan hutan mangrove membentuk pagar hidup yang menghambat ombak tsunami dan hembusan angin. Kerapatan pohon dan perakaran yang kompleks mampu meredam energi gelombang dan menahan laju arus air sekaligus menggenapkan sedimen tanah. Sekaligus melindungi terumbu karang dari sedimen arus sungai. Sementara bagi daratan akar mangrover mengikat dan memantapkan lumpur yang dapat menciptakan tanah baru.

disarikan dari : poster bonus national geographic indonesia edisi desember 2015 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mangrove, Benteng Pesisir Nusantara Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan