Latest News
Senin, 18 Januari 2016

Anatomi Morfologi Batang dan Akar

1. Apa yang dimaksud Appendiks pada tubuh tumbuhan?

Tonjolan pada tubuh tumbuhan. Terletak pada akar dan batang.

2. Apa yang dimaksud dengan stele?

Merupakan lapisan terdalam dari batang maupun akar. Stele atau Silinder pusat meliputi jaringan pembuluh primer yang dikelilingi oleh kumpulan sel yang bernama jaringan perisikel. Jaringan tersebut merupakan parenkima. perisikel bersifat embrionik seperti kambium sehingga disebut juga perikambium dan mampu membentuk cadangan akar (akar sekunder). Pada bagian dalam perisikel, terdapat jaringan sekunder berkas pembuluh floem dan xilem. Floem dan Xilem sekunder dibentuk oleh kambium vaskular dan akan menyebabkan bertambah lebarnya diameter akar. Antara floem dengan xilem terdapat kambium intervaskular yang berperan dalam pembentukan jari-jari empulur (jaringan parenkima yang menghubungkan antara empulur dan kulit kayu). Empulur merupakan jaringan parenkima yang berada dibagian pusat akar atau batang. Pembuluh Kayu (xilem) yang berperan untuk mengangkut air dan mineral yang diserap akar dari tanah menuju daun dan Pembuluh Tapis (floem) yang berperan untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

3. Apa Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan?

pertumbuhan primer disebut juga dengan Pertumbuhan apikal merupakan pertumbuhan yang menuju ke arah atas ( pucuk) dan ke bawah (akar), sedangkan pertumbuhan sekunder disebut juga pertumbuhan lateral merupakan pertumbuhan ke arah samping atau menjadi lebih besar). Pertumbuhan primer disebabkan oleh meristem apikal yang terdapat pada pucuk dan ujung akar, sedangkan pertumbuhan sekunder disebabkan oleh aktivitas meristem lateral yang dalam hal ini adalah sel cambium . Oleh sebab itulah kenapa pada tumbuhan dikotil selain menjadi tinggi, batangnya juga menjadi besar karena aktivitas meristem lateral (kambium) tersebut.

4. Apa yang dimaksud dengan organela?

Suatu bagian sel yang memiliki struktur padat dengan memiliki fungsi tertentu untuk menjaga kelangsungan kehidupan sel. Setiap organela memiliki spesifikasi tersendiri dan saling bekerjasama satu sama lain. Organel pada sel misalnya nucleus, reticulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, plastid, badan mikro, ribosom, sferosom, dan mikrotubula.

5. Jelaskan karakteristik vakuola tumbuhan?

Bagi tumbuhan, vakuola berfungsi menjaga konsentrasi zat-zat terlarut di dalamnya. Proses pelayuan, misalnya, terjadi karena vakuola kehilangan tekanan turgor pada dinding sel. Dalam vakuola terkumpul pula sebagian besar bahan-bahan berbahaya bagi proses metabolisme dalam sel karena tumbuhan tidak mempunyai sistem ekskresi yang efektif seperti pada hewan. Tanpa vakuola, proses kehidupan pada sel akan berhenti karena terjadi kekacauan reaksi biokimia. Hal ini berbeda fungsinya dengan vakuola pada protozoa ataupun organisme lain yang digunakan untuk mencerna makanan.

6. Apakah daun daun berwarna merah atau ungu juga memiliki klorofil?

Daun yang berwarna merah atau ungu juga memiliki klorofil, walaupun berwarna demikian juga memiliki fungsi tersendiri . Seperti yang kita ketahui Klorofil adalah pigmen utama yang meyusun dan pegmen yang paling mudah ditemukan pada tumbuhan. Klorofil mampu menyerap cahaya biru dan kuning, sambil memantulkan cahaya hijau. Karena jumlahnya yang banyak dalam berbagai organ tumbuhan, seperti pada daun dan batang yang masih muda, maka tumbuhan menjadi tampak hijau. Karena efisiensi kerjanya, maka jumlah klorofil pada daun diperbanyak, jauh lebih banyak daripada molekul-pigmen lainnya. Pigmen klorofil sangat penting peranannya dalam kehidupan tumbuhan. Klorofil berfungsi sebagai zat yang dapat menangkap energi cahaya (dari matahari) untuk digunakan pada proses fotosintesis.

Selain itu juga ada pigmen karotenoid sebagai pelengkap pigmen klorofil.selain itu juga ada pigmen merah yang dipengaruhi pH yang tinggi dan ada juga yang berwarna biru atau ungu yang dipengaruhi pH yang rendah. Walaupun begitu hal ini berfungsi untuk memaksimalkan penangkapan energi cahaya matahari yang tersedia dan membantu fungsi klorofil.

Pada tumbuhan yang hidup di bawah air, warna dedaunan juga tidak selalu hijau. Penetrasi cahaya matahari di dalam laut tidak sama pada setiap warna cahaya. Semakin dalam sebuah lokasi dasar laut, maka semakin sedikit warna merah yang mencapai dasar laut tersebut  .arena itu, di dasar laut yang dalam, sejumlah tumbuhan memiliki daun berwarna merah agar dapat secara efisien menyerap energi cahaya selain warna merah. Klorofil terdapat pada kloroplas yang tersebar pada bagian daun dan tubuh tumbuhan. Jaringan mesofil pada daun merupakan jaringan yang paling banyak terdapat kloroplas.

7. Mengapa asam oksalat diendapkan dalam bentuk kalsium oksalat di dalam sel tumbuhan?

Terdapat hipotesis bahwa asam oksalat bebas merupakan racun bagi tumbuhan yang mampu membuat tumbuhan menjadi mati sehinggadiendapkan berupa kalsium oksalat. Kalsium oksalat merupakan hasil akhir atau hasil sekresi dari suatu pertukaran zat yang terjadi di dalam sitoplasma.

8. Kenapa xylem dalam gymnospermae lebih sederhana daripada angiospermae? Jelaskan kenapa demikian?

Karena pada Sebagian besar tumbuhan Gymnosperms tidak memiliki trachea, kecuali pada tumbuhan Gnetophyta. Dan Xilem pada hampir seluruh tumbuhan angiosperms terdiri dari trachea, trakeid, Serat dan Parenkim

9. Bagaimana cara membedakan xylem dan floem pada preparat melintang batang? Pada tanaman dikotil dan tanaman monokotil?

Pada preparat akan terlihat bahwa warna dan bentuk antara xylem dan floem akan berbeda. Xylem berwarna merah, berbentuk bulat besar, dan berjajar rapi dari tengah menuju luar sedangkan floem berwarna biru, bulat kecil dan tersusun mengumpul. Pada tanaman dikotil xylem dikelilingi oleh floem atau sebaliknya. Apabila xylem dikelilingi oleh floem disebut konsentris amfikribral, apabila floem dikelilingi oleh xylem disebut konsentris amfivasal. xylem dan floem yang tersusun berselang- seling menurut arah jari- jari. Susunan seperti ini  sewaktu xylem dan floem dalam keadaan primer. Pada tanaman monokotil pembuluh angkut tersebar.

10. Apa perbedaan anomaly pada batang dan akar?

Anomaly merupakan keadaan abnormal yang terjadi pada tumbuhan. Terjadi pada bagian akar dan batang. Pertumbuhanya tidak normal antara batang dan akar. Terutama pada struktur anatominya, berkas pengangkut, dan morfologi luarnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Anatomi Morfologi Batang dan Akar Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan