Latest News
Senin, 14 Desember 2015

Maria (Maryam) Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

orig05.deviantart.net

Nama Maria (bagi pemeluk Nasrani) dan Maryam (bagi pemeluk Islam) merupakan figur utama dan penyembuh misterius bagi kaum nasrani, tak ada wanita lain di bumi yang bisa mengalahkan perawan maria dalam menginspirasi devosi. sementara maentari terbenam di medjugorje, bosnia dan herzegovina yang dipercaya sebagai tempat sering terjadi penampakan perawan maria jemaat dari berbagai agama dan kebangsaan berkumpul untuk berdoa. sejuta peziarah per tahun berharap mendapatkan pesan atau mukjizat. di dalam kaum nasrani ternyata juga mengenal tawasul, mereka berdoa dengan perantaraan perawan maria dan berbakti kepadanya adalah fenomena global. maria dianggap sebagai lambang universal kasih ibu, lambang penderitaan dan pengorbanan. 

Orang Islam, selain orang kristen menganggapnya suci diatas semua perempuan lain, dan nama maryam lebih sering muncul di Al Qur'an daripada maria di Al Kitab. di dalam perjanjian baru maria hanya berbicara empat kali. petunjuk tentang kehidupannya sulit ditemukan. pakar tentang maria hanya memperoleh bahan dari kitab suci ibrani, teks mediterania abad pertama, perjanjian baru, dan penggalian arkeologi. menurut alkitab maria tinggal di nazaret ketika bangsa romawi menguasai wilayah yahudi. setelah maria mengandung, tunangannya yusuf, seorang tukang kayu mempertimbangkan untuk meninggalkan dirinya sampai malaikat mendatanginya dalam mimpi dan melarangnya. kelahiran yesus hanya diceritakan dalam dua injil yaitu lukas dan matius. markus dan yohanes menyebut ibu yesus beberapa kali. pastor bertrand buby mengatakan banhwa jangan mengharapkan injil memuat semua unsur maria. kehidupannya diketahui dari kabar angin.

kajian terbaru tentang maria berfokus pada dirinya sebagai seorang ibu yahudi. maria membawa umat kristen kepada yesus yaitu terang dunia.sebagaimana ibu yahudi menyalakan lilin sabat. pada milenium pertama kristen sebagai agama resmi kerajaan romawi dan berkembang di eropa, maria didandani dengan warna ungu ningrat dan emas, menurut sejarawan miri rubin maria mengalami pergeseran dramatis, berevolusi menjadi sosok ibu yang lebih lembut dan baik hati. dekat dengan umat. pada masa reformasi (1517-1648) konsep maria sebagai perantara tak lagi populer di tengah umat protestan yang menganjurkan berdoa langsung kepada tuhan. namun maria memperoleh jutaan katolik baru dari penaklukan dunia baru oleh spanyol pada awal abad ke 16.

dalam aspek keajaiban melihat maria ternyata sejak abad ke 16 gereja katolik roma menerapkan proses verifikasi ketat melalui konsili untuk mukjizat seperti 2.000 penampakan maria yang di klaim sejak tahun 40 M. agar dinilai layak dipercayai dan didukung gereja penampakan harus bersifat mukjizat sejalan dengan doktrin gereja serta terbukti berdampak positif. perang, kelaparan, dan perubahan sikap terhadap agama turut menyebabkan lonjakan penampakan dan persetujuan gereja antara 1830 dan 1933. pelancong yang mengunjungi situs patung maria melaporkan melihat penampakan. gairah milenium yang dipacu oleh ketakutan kiamat juga mungkin menyebabkan orang melaporkan penampakan.

sebagai satu-satunya perempuan yang memiliki surat tersendiri dalam Al Qur'an maryam di pilih oleh Allah diatas wanita di dunia karena kesucian dan kepatuhanya. seperti dalam al kitab malaikat memberitahunya sola kehamilan dalam kitab suci Islam. tetapi tidak seperti di al kitab, tidak ada yusuf.

disarikan dari : National Geographic Indonesia Edisi Desember 2015
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Maria (Maryam) Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan