Latest News
Kamis, 05 November 2015

Kajian Islam via Channel Telegram



Di era digital seperti ini batas jarak dan waktu seakan-akan semakin samar. Segala hal bisa kita ketahui hanya bermodalkan koneksi internet dan gadget. Mau informasi tinggal klik saja. Mau berdiskusi tinggal sentuh layar gadget saja. Mau belajar juga bisa melalui grup media sosial. Nah, kalau teman-teman mau mengikuti kajian islam juga terdapat fasilitas yang patut kita manfaatkan. Kalau teman teman sudah memiliki gadget silahkan download saja telegram. Media ini adalah salah satu media altenatif untuk belajar selain dari berbagai grup komunitas belajar di whatsapp yang sedang menjamur.

Telegram merupakan aplikasi komunikasi yang mirip dengan whatsapp namun memiliki keunggulan yang lebih, misalnya bisa mengirim file apapun, tak sebatas file multimedia saja. Nah keunggulan lainnya kita bisa membuat channel broadcast yang tidak dibatasi jumlah penerimanya. Dimana followernya memiliki hak penuh untuk memilih channel mana yang akan dia ikuti untuk bisa mendapatkan pesan broadcast. Kalau broadcast di whatsapp itu yang memiliki hak penuh adalah pengirimnya, dialah yang menentukan siapa saja yang akan mendapatkan pesan broadcast. Misal kita menginginkan medapatkan pesan broadcasting kita harus mendaftar dulu. Terkadang kita juga mendapat broadcast yang tidak penting melalui whatsapp, padahal kita tidak menginginkannya. Maka channel di telegram ini lebih menawarkan rasa nyaman kepada penerima pesannya.

Sebenarnya prinsip kerja dari channel ini mirip dengan subscribe via email, mailing list, ataupun fasilitas follow pada twitter. Namun pesan broadcast pada telegram ini lebih terlihat rapi daripada email, milis dan twitter. Jika dilihat sepintas Channel di telegram ini mirip sekali bahkan hampir sama dengan fasilitas follow channel pada akun youtube kalau teman-teman memilikinya. 

Cara mengikuti kajian islam via telegram cukup mudah. 
  • Silahkan download telegram di play store. Bisa melalui link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger
  • Kemudian registrasikan nomor hape dan isi akunmu.
  • follow channel yang ingin kamu ikuti.caranya dengan men-Search di kotak pencarian dengan menggunakan @namachannel atau langsung di kotak pencarian nama channel yang ingin diikuti misal : namachannel atau dengan mengetik : telegram.me/namachannel di browser atau tinggal klik link yang tersedia lalu klik join.
Istimewanya di telegram ini adalah teman-teman bisa menyimak broadcast kajian dari awal channel tersebut dibuat hingga pesan broadcast yang paling baru. Silahkan mencoba dan bersemangatlah dalam menuntut ilmu. walaupun kita bisa belajar dari depan layar namun cara terbaik dalam menuntut ilmu adalah bertatap muka langsung dengan guru.

Di bawah ini ada beberapa contoh channel lain yang bisa teman teman ikuti. tinggal klik link lalu klik join.

Remaja Islam
Koran BISA
Al Wasathiyah wal I'tidal

Untaian Nasihat

Pondok Pesantren Darush Sholihin

Muslimorid

Salam Dakwah

SNTV Batam

Jadwal Kajian Sunnah Nasional

Masjid Pogung Dalangan

Islam Itu Indah

Pesantren Madinatulquran Jonggol

Islamic Center Unaiza_Indo"

Indonesia Bertauhid

Status Nasehat

Yufid TV

Rumaysho.com

Bimbingan Islam

Twit Ulama

Kajiannet

Kajian Islam

Info Kajian Jogja

Moslem Channel

Islamic Center Unaiza Indo


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Kajian Islam via Channel Telegram Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan