Latest News
Senin, 19 Oktober 2015

Review Buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun


Buku Al Muqaddimah / Mukaddimah merupakan karya fenomenal dari cendikiawan muslim abad pertengahan yaitu Ibnu Khaldun. Sampai sampai bos besar facebook Mark Zuckerberg juga membacanya, padahal dia bukan seorang muslim. kalau dirasakan kita sudah sepatutnya malu karena kita sendiri yang muslim kalah dengan yang non muslim. namun alhamdulillah saya sudah memilikinya dan membacanya sebelum status dan kabar bahwa mark zuckerberg mulai membaca buku terebut. sepertinya sudah lebih dari setengah tahun saya memilikinya namun ternyata baru setengahnya yang terbaca, tapi tidak tahu seberapa banyak yang masih menempel di kepala.

Buku ini cukup tebal yaitu1087 halaman dan saingan bukuku yang lain yang juga cukup tebal yaitu minhajul muslim. di dalam buku ini kita diajak untuk masuk ke dalam alam pikiran ibnu khaldun tentang siosiologi, filsafat sejarah, dan politik yang menjadi bahan kajian para pemikir dan cendikiawan muslim di timur dan barat. beliau dikenal sebagai bapak sosiologi, sejarawan islam, politisi muslim yang memberikan inspirasi politik yang bersih. kita akan diajak menjelajah masa lalu yaitu abad 14 M dimana pada masa tersebut kebudayaan arab islam mengalami kemunduran. di dalam ilmu ini ibnu khaldun membahas peran sejarah bagi peradaban dan fungsinya sebagai sarana berefleksi masa lalu untuk menyusun rencana masa depan, kekuasaan dan tanggung jawab dalam kerajaan maupun pemerintahan, ashabiyah berupa perbedaan sosial politik di dalam masyarakat, peran masyarakat dan negara dalam membentuk peradaban, perkembangan negara, pemikiran tentang pendidikan yang menganut prinsip keseimbangan, pembagian disiplin ilmu seperti ilmu tradisional, filsafat, dan sains.

Al muqaddimah dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pasal pertama dari kitab pertama yang membahas tentang karakter peradaban manusia serta penopangnya berupa kehidupan primitif, kehidupan perkotaan, kemenangan suatu kelompok, mata pencaharian hidup, profesi, ilmu pengetahuan serta sebab yang melatarinya ; pasal kedua dari kitab pertama membahas peradaban badui, bangsa dan kabilah liar, serta kondisi kehidupan mereka ; pasal ketiga dari kitab pertama membahas kerajaan secara umum, kerajaan, kekhalifahan, jabatan kepemimpinan, dan semua hal yang berhubungan dengannya ; pasal ke empat dari kitab pertama membahas negeri negeri, kota kota dan pembangunan lainya serta peristiwa yang berkaitan dengannya ; pasal ke lima dari kitab pertama membahas mata pencaharian dan kewajibannya, baik berupa usaha maupun kerajinan keteranpilan dan berbagai kondisi yang menimpa serta masalah yang ada ; pasal ke enam dari kitab pertama memaparkan berbagai jenis ilmu pengetahuan, metode pengajaran, cara memperoleh dan berbagai dimensinya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Review Buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan