Latest News
Rabu, 28 Oktober 2015

Anggaran Buku Bacaan untuk Anak


Majalah bobo merupakan majalah masa kecil saya. Darinya saya belajar membaca dan mulai memahami makna akan sebuah cerita. Dulu ketika masih kecil saya mempunyai beberapa bendel bobo, dimana setiap bendel memiliki 4-5 edisi dengan harga satu bendelnya 2.000 rupiah cukup murah kala itu dengan kondisi yang cukup lusuh. Nah, baru kemarin malam saya membeli majalah bobo untuk pertama kalinya dalam kondisi baru seharga 10.000 rupiah. Perlu sekitar 17 tahun untuk bisa “mampu dan tergerak” untuk membeli bobo yang baru. Haha. Ternyata ada beberapa cerita yang sudah berbeda, sekarang bona sudah tidak ditemani rong rong, keluarga bobo memiliki paman dan tetangga yang berbeda, namun yang jelas paman gembul masih ada. Oki, nirmala, ratu bidadari hadir dalam wajah berbeda.

Ternyata dalam pack majalah bobo itu terdapat bonusnya berupa donal bebek dan majalah xy kids. Lumayanlah, jika dihitung jadi satu majalah seharga 3.000 rupiah-an, padahal kalau harga normalnya 11.000 - 15.000 rupiah ketika baru terbit. Nah yang ini terbit bulan lalu dan sepertinya tidak laku semua dan akhirnya dijadikan bonus majalah bobo. Setidaknya dengan adanya bonus tersebut bisa menambah jumlah penjualan dari gramedia dan menambah jumlah koleksi dari perpustakaan saya khususnya buku anak anak.

Mengapa kita harus memiliki koleksi buku anak? Karena ke depan kita pasti akan memiliki anak, tetangga juga anak-anak. Nah ajaklah mereka untuk suka membaca. Sebisa mungkin jauhkan anak anak dari gadget, termasuk gadget orang tua. Salah satu tips ketika bersama anak sebaiknya kita tidak memegang gadget, ketika ada telpon penting kita harus menjauh dari anak. Ajaklah anak bercerita ringan tentang aktivitasnya hari ini. Sebagai pengganti gadget tebarkanlah segala macam buku dan majalah di sekitarnya. Untuk spesifikasi bukunya usahakan banyak gambar sedikit kata. Sesungguhnya anak lebih suka bentuk daripada huruf, lebih suka warna daripada hitam putih saja.

Yang tidak boleh terlupa yaitu berusaha menganggarkan pendapatan kita untuk membeli bacaan untuk anak. Minimal 15.000 rupiah setiap bulannya. Ketika anak masih berusia 3-5 tahun silahkan belikan bimbo, maka dia akan belajar tentang kreativitas dan psikomotorik. Ketika anak sudah berumur 5-7 tahun silahkan belikan bobo atau donal bebek, maka dia akan terlatih memahami sastra dan rasa. Jangan lupa juga anggaran untuk buku agama, buatlah ia untuk senantiasa ingat tuhannya dan teguh keimanannya. Dari uang segitu kita sudah mengantarkan dia untuk mengenal dunia. So, untuk kebutuhan anak janganlah pelit dan buatlah dia bahagia.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Anggaran Buku Bacaan untuk Anak Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan