Latest News
Sabtu, 21 Februari 2015

Keikhlasan

www.mengejarasa.com
Ya’qub berkata, “Orang yang ikhlas ialah seseorang yang menyembunyikan kebaikannya sebagaimana ia menutupi dosa-dosanya.”. As-Suusi berkata, “Ikhlas itu tidak melihat bahwa dirinya telah ikhlas, karena barangsiapa yang melihat bahwa dirinya sudah merasa ikhlas, maka butuh untuk mengikhlaskan keikhlasannya.”

Apa yang disebutkan ini, sebuah bentuk penjernihan rasa ujub dalam sebuah perbuatan. Karena perasaan bahwa dirinya sudah ikhlas dan menganggap seperti maka hal ini sebuah bentuk rasa ujub, dan sifat ini termasuk di antara penghalang keihklasan. Sedangkan orang yang benar-benar ikhlas ialah apabila ia terhindar dari segala jenis penghalang yang ada.

Ayyub berkata, “Mengikhlaskan niat lebih berat bagi para pengamal dari keseluruhan amalan yang ada.”.Sebagian ulama berkata, “Sesaat saja seseorang bisa ikhlas, maka ia akan memperoleh keselamatan yang abadi, namun rasa ikhlas itu sangat jarang dirasakan.”

Ada seseorang berkata kepada Suhail, “Hal apakah yang paling berat bagi jiwa?”, ia menjawab, ‘Ikhlas, karena jiwa itu tidak mampu untuk meraihnya.”. Al-Fudhail berkata, “Meninggalkan suatu amalan karena malu terhadap manusia maka ini disebut riya, beramal karena manusia syirik, sedangkan ikhlas itu ialah Allah menyelamatkanmu dari kedua perbuatan tersebut.”

"Setiap kali engkau memperbaiki niatmu, maka Allah akan memperbaiki keadaanmu. Dan setiap kali engkau mengharapkan kebaikan untuk orang lain, engkau akan mendapatkan kebaikan dari arah yang tidak kamu sangka. Dan saat kita hidup untuk membahagiakan orang lain, Allah akan memberi kita rizki berupa orang lain yang akan membahagiakan kita. Maka berusahalah untuk memberi bukan menerima, karena setiap kali engkau memberi, maka engkau akan menerima tanpa meminta sekalipun!"
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyejuk hati yang dikutip dari salah satu pesan muhasabah di Grup Whatsapp
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Keikhlasan Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan