Latest News
Rabu, 28 Januari 2015

Permainan Inspiratif : Mencintai Ibu

www.mengejarasa.com
Ini shahih ya.. Ide bagus utk diterapkan oleh guru..

Hari ini saya dapat sharing kegiatan teman saya yg mengajar di SDI Dian Didaktika. Kegiatan ini sangat bagus utk penanaman budi pekerti. Terutama kecintaan murid terhadap ibu. Dan kegiatan ini dilakukan menjelang peringatan hari ibu. Ini sharing kegiatan yang disampaikan teman saya tersebut:

Hari ini anak-anak (tanggal 19 desember 2014), kami (bu rina dan bu yuna guru kelas 3 SD SDI Dian Didaktika) mengajak mereka untuk bermain. Permainannya yaitu mereka memakai tas ranselnya di depan seharian, bukan dipunggung sebagaimana mereka memakainya sehari-hari.Secara bertahap tas mereka, kami tambah beratnya dengan mengisi perlengkapan mereka di sekolah. Seperti alat sholat, sendal, dll.

Kami buat perjanjian bahwa anak-anak sepakat, apapun yg terjadi tidak boleh meletakkan tasnya. Baik disaat makan, mengerjakan tugas, bahkan ke kamar mandi. Mereka ditantang untuk berfikir kreatif. Bahkan mereka boleh jalan-jalan dan tiduran. Mereka boleh menulis apa yang mereka rasakan saat menjalankan permainan ini. Waktunya tak lama hanya 1,5 jam. Karena saat itu anak-anak pulang cepat. 30 menit menjelang pulang, kami mengumpulkan catatan mereka. Banyak keluhannya, capek, pegel, gak enak, tersiksa, dll.

Setelah itu kita berkumpul dan kita bahas bersama, bahwa rasa capek, pegal, dll yang mereka rasakan saat ini tidak sebanding dengan yg ibu mereka rasakan. Ibu merasakan itu 9 bulan lamanya, siang dan malam, tanpa jeda sedikit pun.

Alhasil anak-anak tercenung, bahkan beberapa keluar air mata. Kami hanya berharap semoga permainan ini bisa membuat mereka lebih empati menjadi anak berbakti. Terutama kepada Ibu. Aamiin..
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyejuk hati yang dikutip dari salah satu pesan muhasabah di Grup Whatsapp
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Permainan Inspiratif : Mencintai Ibu Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan