Latest News
Tuesday, January 27, 2015

Mengatasi Bad Mood

www.mengejarasa.com
 Kadang terjadi suatu keadaan ketika kita merasakan down dalam hidup. Penyebabnya bisa karena rencana yang tidak berjalan dengan mulus, pekerjaan yang membuat stress, atau kita sedang berusaha untuk memutuskan suatu hal di tengah permasalahan yang kompleks. Ketika merasa lemah seperti ini, mudah sekali bagi bad mood untuk mengontrol kita, mulai menunda pekerjaan, tidur seharian, gaming tanpa kenal waktu, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan menghabiskan waktu lainnya. bahkan jika tidak bisa mengendalikannya mengakibatkan patah arang dan kehilangan semangat untuk bangkit kembali. Jika diri sudah dikuasai dengan perasaan tersebut, yang terjadi adalah hari-hari yang selalu suram, prestasi semakin menjauh, produktivitas turun, dan yang paling membahayakan adalah perubahan bad mood tersebut menjadi kebiasaan sehingga sulit untuk diperbaiki. Sebenarnya perasaan buruk tersebut bisa dilawan jika tahu cara melawannya. Bad mood adalah tanda bahwa diri kita minta untuk lebih dimotivasi lagi. Maka jangan sampai perasaan tersebut berkuasa. Berikut ini adalah tips bagaimana menanggulangi suasana hati yang buruk. cobalah lakukan hal-hal berikut ini ketika anda down:

1. IDENTIFIKASI PENYEBAB BAD MOOD

Kadang kita merasa bahwa perasaan yang buruk itu datang tiba-tiba tanpa ada penyebabnya. tapi pada hakikatnya, setiap perubahan suasana hati (reaksi) pasti ada hal yang menjadi stimulus perubahan tersebut (aksi). Biasanya hal-hal yang tidak kita ketahui adalah beberapa permasalahan kecil yang berkumpul sehingga tampak besar, atau bisa juga diakibatkan berfikir terlalu mendalam. Maka ketika terperangkap dalam suasana hati yang buruk, cobalah cari tahu penyebab suasana hati tersebut datang. dengan mencari tahu penyebab munculnya bad mood, kita akan mudah mengendalikannya. setelah itu, lawan atau selesaikan penyebab bad mood tersebut. contohnya, kadang bad mood datang diakibatkan kita terlalu memikirkan suatu hal secara mendetail (berfikir terlalu mendalam), maka cara menyelesaikannya adalah jangan berfikir terlalu mendalam dengan melakukan beberapa langkah positif (baca artikel: cara mengatasi berfikir terlalu mendalam), dengan mengatasi sumbernya, anda akan mampu mengendalikan suasana hati anda.

2. LAKUKAN AKTIVITAS POSITIF YANG MENYENANGKAN

jika suasana hati yang buruk terjadi diakibatkan oleh beberapa stimulus negatif yang tidak menyenangkan, maka lawan stimulus negatif tersebut dengan stimulus berupa hal-hal positif yang menyenangkan. anda bisa mengasah kreatifitas anda dengan melakukan hal-hal positif seperti melukis, membaca, dan olah raga. anda juga bisa melakukan hobi. intinya stimulus haruslah positif, dikarenakan ketika bad mood dilawan dengan aktivitas negatif, yang ada hanyalah merugikan diri sendiri.

3. BERPIKIR TENTANG ORANG YANG LEBIH SULIT

Ketika suasana hati buruk muncul diakibatkan permasalahan atau keadaan yang menyulitkan, cobalah berpikir tentang orang-orang yang dalam keadaan lebih sulit. berpikir bukan berarti memikirkan hingga menjadi tambahan beban, tapi berpikir agar kita bersyukur. Lebih baik lagi jika membantu keadaan mereka. dikarenakan memberi ketika kita dalam kesulitan adalah sebaik-baiknya pemberian. bahkan memberi ketika dalam keadaan sulit lalu bersyukur akan memperbaiki suasana hati kita Menurut penulis pribadi, menulis adalah hal yang paling ampuh mengatasi semangat yang hilang. Menulis akan memudahkan kita merangkai pikiran bahkan menganalisis mengapa bisa ada perasaan down. Dengan menulis kita akan mudah untuk introspeksi diri sehingga mengetahui kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan. Selain itu, dengan menulis kita memiliki waktu sejenak untuk berfikir, memotivasi diri, dan membuat planning kedepannya. Cobalah mencurahkan pikiran anda ke dalam tulisan. Bisa dimulai dari menuliskan permasalahan-permasalahan yang anda hadapi, setelah itu cari tahu mengapa bisa seperti ini, lalu tuliskan motivasi diri dan alasan mengapa anda harus bersemangat, dan yang terakhir tuliskan rencana kedepannya.

Penulis mempunyai buku catatan khusus untuk hal ini. Yang diberi nama “moodlifting”. Terserah anda mau memberi nama buku tersebut atau tidak yang terpenting cobalah untuk menulis. Karena dibalik tulisan terdapat kekuatan. Cobalah untuk libur dari rutinitas yang ada. Meluangkan waktu bukannya menggunakannya untuk hal-hal yang bisa menyebabkan kita terlena, Berikan waktu untuk diri anda sendiri, biarkan diri anda berfikir tentang keadaan anda, cobalah untuk menarik nafas sejenak sehingga anda mampu mengontrol perasaan anda. Berikan waktu untuk jalan kaki di tempat yang menurut anda nyaman. jalan kaki akan memberikan asupan udara segar pada diri anda, cari inspirasi, cobalah memikirkan hal-hal sekitar anda yang bisa membuat anda nyaman dan bersyukur.

Satu hal yang paling penting dan telah menjadi kewajiban bagi umat manusia adalah selalu mengingat Allah. Membaca doa, berdzikir, meningkatkan ibadah, dan giat dalam menjalankan amalan-amalan lainnya akan mengobati suasana hati yang buruk. Sebenarnya mengingat Allah bukan saja ketika kita mengalami bad mood, apapun kondisinya hati harus selalu tertambat dengan asma-Nya. Kumpulan dzikir dan doa yang penulis sukai adalah ma’tsurat karya Hasan Al-Banna, selain dzikir dan doanya berasal dari Hadits dan Al-Quran, maknanya pun begitu mendalam, menjadikan diri merasa begitu dekat dengan yang maha kuasa, membacanya setiap pagi dan petang menjadikan diri lebih semangat dan siap menghadapi tantangan di siang hari maupun malam hari. Anda bisa download matsurat dengan klik disini: (AL-MATSURAT) Selain doa dan zikir, yang paling mujarab bagi muslim adalah membaca Al-Quran. Inilah obat bad mood dan galau yang terbaik. Al-Quran akan memberikan ketenangan bagi mereka yang membacanya dengan sepenuh hati. Maka cobalah membaca Al-Quran, anda akan memperoleh banyak manfaat di dunia dan di akhirat.

Demikian beberapa tips agar kita bisa terbebas dari bad mood. Sebenarnya masih banyak cara mengendalikan suasana hati yang buruk. intinya adalah bagaimana agar mengendalikan bad mood tersebut dengan memberikan stimulus-stimulus positif agar kita bisa keluar dari suramnya hari. Semoga kita bisa telepas dari emosi yang buruk tersebut sehingga bisa meraih kebahagiaan yang kita harapkan, keadaan ketika kita terbebas dari rasa takut, cemas dan galau karena berbagai masalah hidup yang sangat melelahkan. Respectfully, Amhar

---------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyejuk hati yang dikutip dari salah satu pesan muhasabah di Grup Whatsapp

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengatasi Bad Mood Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan