Latest News
Selasa, 09 Desember 2014

Cerita Tentangmu, Buku

mungkin perjalanan di dekade kedua ini akan mengarahkan ku menjadi seorang pendidik dalam bidang sains.. dimana aku harus bisa expert dalam bidang ini, metode ilmiah menjadi roh dari setiap kata yang terucap nanti ketika berhadapan dengan mereka.. itu adalah tuntutan dari bidang yang ku tuntut dari SMA, dikala saat SMP aku sangat menyukainya..

namun entah di dalam pertengahan dari waktu yang dijatahkan aku mulai suka dengan dunia yang lain, dunia yang berbau dengan ilmu sosial, entah sosiologi, sejarah ataupun manajemen, pemikiran bahkan perpolitikan.. dunia ini memang bukan dunia yang baru, namun dunia yang memang berada disekitar kita. hanya sebagai seorang scientist terkadang tidak menyadari walau pernah melalui.. toh kita hidup bukanlah sebagai seorang scientist saja, namun hakekat seorang manusia adalah sebagai makhluk sosial, ilmu sosiologi, ekonomi sejarah ataupun manajemen, bahkan perpolitikan akan berguna.. sederhananya semisal kita nongkrong di HIk dengan bapak bapak, makan gorengan, ngeteh, pasti dibumbui dengan permasalahan sosial yang keluar dari lisannya, dan permasalahan ini akan berantai dengan ekonomi dan perpolitikan.. dan untuk bisa masuk dan merakyat bersamanya kita harus paham dan tak sekedar tahu, paham fundamentalnya, tak sekedar tahu implementasinya..

soal sejarah bukanlah kesukaan yang baru, entah dari kelas 4 SD buku sejarah (yang dipinjami) dari Sekolah sudah kubaca berulang kali, hingga hapal tokohnya.. eh malah dapat suplai buku SMP yang lebih heroik ceritanya, bahkan (beberapa) tahun penting masih ku ingat dengan jelas, tak seperti pergiliran keturunan pteridophyta dan tumbuhan lumut yang mulai buram.. sampai sekarang pun buku yang mengisi (hasil membeli) lemari buku adalah buku sejarah, baik sejarah indonesia maupun sejarah islam.. dilengkapi dengan buku tua dan buku biografi.. karena dari buku tua kita bisa melihat keotentikannya yang ditulis tidak jauh dari peristiwanya, dan biografi akan menceritakan kehidupan sosial yang ada, asli dari tokohnya.. dari buku itulah akan diperoleh hal yang berharga dan pencerahan baru entah dalam hal apapun, sebagai modal refleksi dan evaluasi kehidupan yang sudah di jalani..

berbeda dengan buku sains, malah komposisinya tak terlalu banyak, bisa jadi karena sains hanya berkutat dalam hal itu saja, dengan perbedaan jenjang tak terlalu signifikan perubahannya.. sehingga jarang pula untuk membelinya.. bahkan 60 % dari buku sains itu adalah fotokopian.. sedangkan 80 % dari buku sosial yang ku punya adalah buku terbitan asli, entah yang baru atau yang tua.. dan tumpukan majalah yang ada bukanlah hasil berlangganan, malah hasil gratisan, ataupun beli 10.000 dapat 3 ataupun 2.. membaca bukanlah kewajiban, tapi adalah kebutuhan.. ada satu ungkapan bahwa diri kita dibentuk dari apa yang kita baca dan siapa yang kita temui.. dengan membaca kita bisa mengubah dunia, tak sekedar dalam pikiran, namun nantinya akan lebih berguna jika diimplementasikan dalam perbuatan..

***
ruang sound, 09.12.14 - 13.15
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cerita Tentangmu, Buku Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan