Latest News
Friday, November 7, 2014

Sistem Peredaran Darah Hewan


Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah.
Sistem sirkulasi pada hewan dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Sistem difusi : terjadi pada avertebrata rendah seperti paramecium, amoeba maupun hydra belum mempunyai sistem sirkulasi berupa jantung dengan salurannya yang merupakan jalan untuk peredaran makanan. Makanan umumnya beredar keseluruh tubuh karena adanya aliran protoplasma.
  • Sistem peredaran darah terbuka : jika dalam peredaran darahnya tidak selalu berada di dalam pembuluh. Tidak dapat dibedakan antara cairan intersisial (Cairan yang mengisi ruang antar sel) dan darah. Terdiri dari jantung sebagai pusat peredaran darah, sejumlah rongga yang disebut sinus dan beberapa arteri. Misal : Arthropoda
  • Sistem peredaran darah tertutup : jika dalam peredaran darahnya selalu berada di dalam pembuluh. Darah keluar dari jantung melalui pembuluh arteri dan masuk kembali ke jantung melewati pembuluh vena.


materi di atas didapat dari guru SMA di Solo. Download Materi : Klik di Sini
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sistem Peredaran Darah Hewan Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan