Latest News
Jumat, 17 Oktober 2014

Perjalanan Wisata Sapta Tirta Karanganyar

Lokasi

papan Petunjuk di depan obyek sapta tirta
Obyek Wisata Sapta tirta di desa Pablengan Kecamatan Matesih dari Kabupaten Karanganyar. Pemandian Sapta Tirta ini berarti mempunyai 7 mata air. Dan salah satu keunikan yang ada ditempat ini adalah bahwa tiap mata air tersebut mempunyai kandungan mineral yang berbeda-beda dengan jarak paling dekat 5 meter, dan jarang terjauh hanya 15 meter.  Menurut catatan sejarah Sapta Tirta merupakan salah satu petilasan raja-raja Mangkunegaran Surakarta. 
gambar raja mangkunegaran di sapta tirta

Sejarah Singkat

Sapta Tirta tidak terlepas dari sejarah perjuangan Raden Mas Said atau lebih dikenal sebagai Pangeran Samber Nyowo alias KGPAA Mangkunegoro I atau Kanjeng Adipati Mangkunegoro Senopati Ing Ayuda Lelono Joyo Wiseso yang hidup di antara tahun 1725-1795 M. Beliau juga sangat terkenal akan kesaktiannya yang terbukti saat melawan kolonial Belanda pada waktu itu.
teman perjalanan
Separoh usia Beliau, dijalani sebagai pejuang yang berusaha mempersatukan Bumi Mataram, perjalanan dilakukan dengan siasat Gerilya dengan sebuah semboyan terkenal Tiji Tibehsingkatan dari mati siji mati kabeh (mati satu, matilah semuanya). Beliau adalah pejuang dari trah keturunan Kerajaan Mataram yang menghendaki Bumi Mataram bebas dari cengkeraman kompeni Belanda. Selama 16 tahun beliau berjuang dengan sangat gigihnya.

Perjuangan Eyang Pangeran  Sambernyawa telah sampailah di desa Pablengan, di sinilah beliau mendapat petunjuk (wisik) dari leluhur Beliau untuk melaksanakan ritual menggunakan Air Sapta Tirta di desa Pablengan. Untuk pertama kalinya beliau mandi di sumber Air Bleng, dengan tujuan ngeblengake tekad (menyatukan cipta rasa karsa) atau golong gilik (bertekad bulad) menyatukan hati, ucapan, pikiran dan cita-cita agar dapat mengusir kompeni Hindia Belanda dari bumi Mataram.
air bleng

deskripsi air bleng
Yang kedua, selanjutnya Beliau mandi di air Urus-urus dengan maksud agar segala tujuannya dapat terurus, terkelola, dimanajemen dengan sebaik-baiknya. 
sendang air urus urus

deskrpsi air urus urus
yang ketiga Beliau mandi di air londo, atau air yang berasa soda dan sedikit asam seperti minuman pocari sweet, dengan tujuan agar mendapatkan kesegaran jasmani dan rohani. 
air soda
Yang ke empat dan ke lima beliau mandi di air hidup dan air mati secara bergantian dengan tujuan agar segala cita-cita perjuangannya, hidup dan matinya berguna untuk kehidupan, dan Beliau memasrahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
air mati
deskripsi air hidup
Yang ke enam, kemudian beliau memandikan seluruh pasukan tentaranya di air air Kasekten dengan maksud agar memperoleh kekuatan, kewibawaan, keberanian, dan jiwa patriotisme agar dapat mengusir penjajah Belanda dari bumi Mataram.
deskripsi air kasekten
Yang ke tujuh beliau mandi di sumber air Kamulyan /air hangat agar segala cita-cita mengusir penjajah Belanda mendapat ketentraman dan kamulyan bagi kawula/rakyat bumi Mataram.
prasasti air hangat
deskripsi air hangat
Pemandian Keputren Merupakan Peninggalan dari raden Mas Surono ( Mangkonegoro VI) yang terdiri dari 6 bilik kamar mandi dan merupakan peninggalan satu satunya yang tersisa dari peninggalan Mangkunegaran yang ada di sapta tirta yang masih asli
bagian sapta tirta yang masih asli, pemandian

pemandian keputren
dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa sapta tirta adalah tempat permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya terkabul dengan ritual sesuai adat Jawa yang berlaku di Keraton Kasunanan Surakarta, Obyek wisata ini memiliki nilai sejarah tinggi dan perlu dirawat untuk menjaga eksistensi budaya Jawa. 
mencicipi air dulu ah, semoga gak mencret

Manfaat dari 7 Sumber di Sapta Tirta 

  1. air bleng : air ini digunakan untuk bahan pembuatan karak (krupuk yang ada di jawa dibuat dari padi)
  2. air hangat : dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit
  3. air kasekten : dipercaya menambah keberanian, kepercayaan, kewibawaan, kekuatan
  4. air hidup : katanya bisa membuat awet muda jika untuk membasuh wajah
  5. air mati : katanya beracun, jadi tidak boleh digunakan
  6. air soda : katanya bisa mengobati penyakit dalam, rematik, kolesterol dll
  7. air urus urus : untuk membantu buang air besar
Poster Manfaat air sapta tirta
 air yang ada di sapta tirta ini mengandung belerang, bisa dideteksi dari luberan dan endapan belerang yang berada di selokan dan yang menempel di tembok masing masing sumber air, bisa untuk pengobatan penyakit kulit

luberan dan endapan air belerang
pengunjung yang mau mencicipi air sapta tirta
Selain itu sapta tirta memiliki tempat untuk ritual peribadatan, seperti membakar dupa dan menyan, dengan dua patung di bagian depannya

tempat untuk ritual peribadatan

 Fasilitas

Obyek Wisata sapta tirta ini juga terdapat taman yang indah, dilengkapi juga dengan pedapa yang cukup luas. sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat pertemuan, sarasehan, maupun beristirahat dengan keluarga. kenyamanan ini didukung oleh udara kecamatan matesih yang tergolong sejuk. terdapat fasilitas mushola untuk tempat sholat bagi yang beragama islam serta didukung oleh toilet yang bersih.
front office dan mushola

taman yang luas dan indah

Biaya Wisata

kalau harga tiketnya belum naik silahkan disiapkan uang sebesar Rp 4.000,00 untuk parkir cukup sediakan Rp 2.000,00. selain itu jika dari solo cukup mengeluarkan bensin sekitar 2 liter atau Rp 12.000,00 pergi pulang.

Rute Menuju Obyek

silahkan menggunakan kendaraan dan menuju ke arah tawang mangu melewati karangpandan, sebelum pasar karangpandan (sekitar 20 km dari solo) ada bangjo, ambil arah kanan menuju arah pasar matesih. sekitar 5 km akan bertemu dengan papan penunjuk obyek wisata sapta tirta. obyek ini tidak jauh dari pasar matesih, ke arah utara sekitar 1 km.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Perjalanan Wisata Sapta Tirta Karanganyar Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan