Latest News
Senin, 04 Agustus 2014

Jurnal Belajar 1 PPB : Tujuan Pembelajaran


Proses pembelajaran merupakan inti dari program pendidikan di Indonesia ini. Karena memang untuk mendapatkan ilmu tak semudah mendapatkan keberuntungan, kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang akan kita butuhkan untuk mendapatkannya. Pembelajaran yang baik itu memerlukan perencanaan yang baik pula, karena dengan penataan perencanaan yang rapi akan lebih mudah dalam proses ke depannya, termasuk tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan titik yang akan kita capai tanpa ada tujuan yang jelas maka bisa diibaratkan kita berjalan tanpa arah, hanya sekedar berjalan saja. ABCD merupakan salah satu acuan yang dapat kita gunakan untuk menyusun tujuan pembelajaran yang baik.

Audience

audience menunjukkan kepada siapa tujuan pembelajaran tersebut ditujukan. audience pendidikan di indonesia dalam tataran SMA itu dinamakan siswa. Siswa merupakan subyek utama dalam proses pembelajaran ini, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses tersebut. Untuk audience ini bisa dituliskan sebagai berikut : Siswa dapat, Siswa kelas XII dll.

Behavior

Behavior menunjukan tindakan, aktivitas dan kemampuan yang harus dicapai oleh siswa. Behavior ini menggunakan predikat yang bermakna aktif, komunikatif dan bisa teramati. Menggunakan kata yang lebih operasional seperti : Menjelaskan, Mengklasifikasikan, Menggambarkan, Membuat, dan menyebutkan. Sedangkan untuk contoh kata rancu yang sulit teramati adalah mengetahui, memahami. Sebaiknya kata kata ini tidak digunakan saja.

Condition

Condition menunjukkan obyek yang dipelajari dalam proses pembelajaran. Misalnya : Sistem organ, Tumbuhan di sekitar sekolah, Jantung, dan Masalah ekosistem sungai.

Degree

Unsur terakhir dari tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menunjukkan standar atau kriteria dari behaviour yang akan dinilai. Kriteria ini bisa berupa kuantitatif maupun kualitatif.misalnya : Minimal 1o organ penyusun, secara rinci, Teliti dan jelas.
Tujuan pembelajaran tidak boleh mengesampingkan tujuan pendidikan sains yaitu produk, proses, dan sikap. Selain itu juga disesuaikan dengan hasil proses pembelajaran yang ingin dicapai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam mengajar guru harus mempersiapkan diri sematang mungkin untuk mengajar, dari judul maupun topik yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran itu sekaligus perangkat yang akan digunakan untuk menunjang proses di dalamnya seperti media pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran dan skenario yang akan diaplikasikan. Model pembelajaran yang diterapkan diterapkan di kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa, seperti inkuiri, problem base learning, project base learning yang memacu siswa untuk menemukan konsep materi yang sedang dipelajari. Model pembelajaran ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan, termasuk konsep yang ingin ditanamkan serta kemampuan yang ingin dicapai.

Pada kurikulum 2013 juga terdapat buku siswa dan buku guru dimana Buku siswa menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam proses belajar, peserta didik dipacu untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Oleh karenanya peran guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersedian kegiatan pada buku tersebut. Guru diharapkan dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam daerah masing-masing. Dengan demikian, guru sebagai pengendali utama di dalam proses belajar mengajar di kelas perlu mencermati terlebih dahulu terhadap buku siswa maupun buku pegangan guru yang sudah disediakan pemerintah. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jurnal Belajar 1 PPB : Tujuan Pembelajaran Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan