Latest News
Kamis, 28 Agustus 2014

Contoh Soal Cerdas Cermat Islam Remaja TPA

Pertanyaan babak 1

1. Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama. (benar)

2. Gua tempat persembunyian rasululllah dan abu bakar sebelum hijrah adalah gua tsur. (benar)

Peristiwa bersembunyinya rasulullah saw  dan  abu bakar diabadikan dalam Alquran surat At-taubah ayat  40.  "Ketika orang-orang kafir (Musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang satu dinantara dua orang ketika keduanya berada di dalam. Di waktu dia berkata pada temannya, "Janganlah kamu berduka cita sesungguhnya Allah beserta kita.”  

Allah SWT menyelamatkan Nabi-Nya dengan memerintahkan laba-laba untuk membuat sarang di pintu gua tersebut. Demikian juga burung merpati yang sedang bertelur, supaya mereka mengira bahwa gunung itu tidak mungkin dimasuki seesorang. Akhirnya, kaum Kafir Quraisy yang memburu Nabi pulang dengan tangan hampa, dan Nabi beserta Abu Bakar melanjutkan perjalanan hijrahnya Madinah. Dan gua tersebut bernama gua tsur
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/12/10/08/mbkg37-tempat-persembunyian-rasulullah-di-jabal-tsur 

3. Musafir dari Venesia (Italia) yang pernah singgah di kerajaan samudera pasai, Sumatera bernama ibnu batutah. (benar)

Petualangan dan perjalanan panjang yang ditempuh Ibnu Battuta sempat membuatnya terdampar di Samudera Pasai – kerajaan Islam pertama di Nusantara pada abad ke-13 M. Ia menginjakkan kakinya di Aceh pada tahun 1345. Sang pengembara itu singgah di bumi Serambi Makkah selama 15 hari.
”Kehebatan Ibnu Battuta hanya dapat dibandingkan dengan pelancong terkemuka Eropa, Marcopolo (1254 M -1324 M),” ujar Sejarawan Brockelmann mengagumi ketangguhan sang pengembara Muslim itu. Selama hampir 30 tahun, dia telah mengunjungi tiga benua mulai dari Afrika Utara, Afrika Barat, Eropa Selatan, Eropa Timur, Timur Tengah, India, Asia engah, Asia Tenggara, dan Cina.
4. Zakat yang dikeluarkan bagi seseorang yang memiliki kambing 40-120 ekor adalah 2 ekor kambing.(salah)
Jumlah kambing zakat
40-120 ekor 1  ekor kambing
121-200 ekor 2 ekor kambng
201-300 ekor 3 ekor kambing
 Dan setiap kambing bertambah 100 ekor maka zakat yang dikeluarkan bertambah 1 ekor kambing

5. Sahabat nabi yang mengusulkan  menggali parit  pada perang khandaq adalah sa’ad bin abi waqash. (salah)

Sahabat ini berasal dari persi dan memilki banyak pengalaman tentang teknik dan strategi perang.  Sahabat itu bernama salman al-farisi

6. Dalam surat annisa ayat 11 disebutkan bahwa bagian warisan seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang perempuan. (benar)

‘’Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu bagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang anak perempuan” QS An-Nisa ayat 11.

7. Batu hajar aswad sekarang menjadi 8 gugusan batu-batu kecil yang dikelilingi ikatan perak. (benar)

Peristiwa pecahnya batu hajar aswad  terjadi pada masa qaramithah, yaitu sekte dari syiah ismailiyah al bathiniyah

8. Al bayinah merupakan surat ke 98 dari alqur’an. (benar)

9. Menurut mahdzab  malikiyah rukun umrah terdiri dari 5 rukun yaitu : ihram, tawaf, sa’i, tahallul, dan tertib. (salah)

Menurut malikiyah ada 3 rukun dalam umrah yatu : ihram, tawaf dan sa’i. Sedangkan yang berpendapat memiliki 5 rukun diatas adalah mahdzab syafi’iyah. Dan menurut mahdzab hanafiyah hanya memiliki 1 rukun yaitu melaksanakan sebagian besar thawaf yakni 4 putaran dari tujuh putaran. Menuru mahdzab hanafiyah, ihrom itu merupakan syarat syahnya umrah. Sedangkan sa’i dan tahallul  merupakan wajib umrah. Wajib umrah itu apabila sengaja ditinggalkan maka kena DAM (denda)

10. Umar bin abdul Aziz hidup didunia tidak lebih dari 40 tahun hitungan tahun masehi.

(salah)
Umar bin abdul aziz dilahirkan pada tahun 63 H di madinah dan wafat 101 hijriah di dair sam’an. Dan secara perhitungan masehi  beliau berumur 40 tahun lebih enam bulan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Contoh Soal Cerdas Cermat Islam Remaja TPA Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan