Latest News
Wednesday, June 18, 2014

Mencoba Kreatif ala Goldar A

Berpikir kreatif dan "out of the box" memang dibutuhkan untuk saat saat ini.. karena tuntutan zaman memang seperti itu, siapa yang kreatif maka dia akan lebih mudah mempengaruhi orang dan menguasainya.. yang masih meblunder di kepala ini adalah bagaimana mengubah pola pikir yang lurus lurus saja dan lebih suka mengikuti "rule".. hal ini memang masih tanda tanya untuk seorang yang masih terkena efek psikologis yang diekspresikan oleh gen golongan darah A. kreatif yang bisa dilihat dari golongan darah A sepertinya masih terbatas pada memodifikasi dan memadukan berbagai ide orang lain.. namun terkadang sulit untuk memunculkan ide yang benar benar baru.. nah, ini merupakan sebuah PR, mungkin salah satu solusi  dengan latihan kali ya..

kreatif juga perlu dilatihkan semenjak kecil, supaya pikirannya bisa berkembang, mereka jangan didikte kalau buat prakarya harus ini itu, pakai ini itu.. tapi cobalah mengeksplore apa yang dibenak mereka.. biarkan mengekspresikannya. biarkan mereka meramu ide mereka dengan pengalaman panca indra yang dia temukan, bahkan kalau membuat variasi yang berbeda.. coba ingat deh ketika saat SD, ketika mayoritas menggambar pemandangan itu identik dengan gunung dan sungai, tak lupa juga dengan rimbunan pohonnya.. nah, mindset itu harus mulai dihapuskan dengan memberikan wawasan dan pengalaman belajar yang baru..

beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan sering jalan jalan saja, tak lupa ditambah dengan membaca.. dua aktivitas itu mampu memberikan nuansa baru dalam pikiran kita, menambah tanda tanya dan syukur," Lho kok iso ngunu? subhanallah.." kreatif terkadang muncul bukan karena spontan terus tiba tiba muncul gitu.. namun yang lebih sering adalah dengan adanya pemicu, yaitu inspirasi dari apa yang kita dengar, kita lihat dan kita rasakan.. mencoba keluar dari kamar merupakan langkah terbaik daripada bermalas malasan.. ibarat secara fisik kita mencoba keluar dari dinding penghalang, bisa jadi pikiran kita juga mulai "keluar"..

selain itu cobalah untuk lebih sering mendekati golongan darah B.. karena mereka itu lebih jitu dalam ide yang baru dan segar, tak bisa ditebak, malah terkadang aneh aneh.. namun bersiap siaplah biasanya mereka terkesan cuek, namun dalam hal- hal tertentu.. namun kamu akan merasa bahagia dengannya, karena dia menawarkan kebahagiaan dan keceriaan.. siapa tahu kamu bisa kecipratan ekspresi positif darinya.. penyeimbang golongan darah A memang golongan darah B.. karena kalau bertemu dengan golongan darah 0 biasanya bentrok dalam pemikiran dan argumentasi.. kalau dengan AB terkadang biasa saja..

***
Ruang Tamu Asrama, 18.06.14-21.04
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mencoba Kreatif ala Goldar A Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan