Latest News
Kamis, 20 Januari 2011

Polypodium glycyrrhiza

Etimologi Glycyrrhiza berasal dari Yunani yang berarti glykys rhiza + akar manis. Akar merayap, bercabang, tidak keputihan lilin, cukup ramping untuk kokoh, sampai 6 mm diameter, manis , coklat atau sedikit lebih gelap mendekati titik lampiran. Daun dengan ukuran 75 cm tinggi 16 cm, rasio: 2:1 . memiliki ujung daun yang panjang, hingga 8 cm, adalah bentuk paling umum, tetapi ada juga  yang bulat; margin halus bergigi .
Sorus berbentuk bulat atau oval . kurang dari 3 mm . letak sorus,di tengah-tengah antara tepi daun dan pelepah . sporangia berwarna kuning kecoklatan pada saat waktu sudah matang pada akhir musim gugur ke musim semi Spora berada di membulat di sorus pada sisi bawah daun, dan dilepaskan dalam cuaca dingin dan kelembaban tinggi.
. Tumbuh subur di iklim lembab yaitu lokasinya di daerah dengan musim panas yang dingin namun keadaanya lembab dan walaupun musim dingin namun memilki keadaan yang hangat dan basah. P. Glycyrrhiza sering dapat ditemukan tumbuh pada batang dan cabang pohon gugur. tetapi juga sering ditemukan pada batu, kayu, dan basah, lumut humus . Habitat adalah elevasi dataran rendah di bawah 600 meter
Rimpang mengandung ostadin, senyawa steroid 3000 kali lebih manis daripada sukrosa. Biasanya rimpang dimanfaatkan sebagai pemanis dan untuk mengobati penyakit tenggorokan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Polypodium glycyrrhiza Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan