Latest News
Selasa, 06 Mei 2014

Makalah Pembuatan Black Forest Tepung Ketan


Judul
Pembuatan Black Forest dengan Teknik Substitusi Tepung Ketan

  Latar Belakang
Alasan Mengapa Memilih Membuat Kue Black Forest
   Saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Apalagi usaha kuliner berupa kue, baik kue kering maupun kue basah. Salah satu jenis kue yang banyak diminati oleh konsumen secara luas adalah black forest, baik kukus maupun panggang. Banyak hal yang menjadikan kue panggang ini sebagai salah satu primadona makanan manis, misalnya sangat cocok untuk acara ulang tahun, untuk cemilan, pengganjal perut sebab black forest mengandung banyak karbonhidrat dari tepung dan glukosa untuk menambah energi dalam beraktivitas. Bahkan untuk mengisi perut kosong sebelum makan siang pun juga bisa. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, makanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai kue black forest ini. Atas dasar pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat makanan dari jenis kue black forest namun dari bahan lain selain tepung terigu.
   Beberapa alasan yang menjadikan permintaan akan kue ini cepat berkembang, karena rasa yang enak dan lezat. Sebagai kue yang datang dari luar negeri, pamornya lumayan populer. Komposisi bahannya termasuk dari bahan pilihan memang menghasilkan rasa yang enak. Kandungan telur, gula, margarin atau mentega cukup dominan menghasilkan rasa lezat legit dan tekstur yang gurih. Masa simpan yang relatif lebih lama dan hampir sama dengan bakery mempermudah distribusi tanpa rasa khawatir bau, sering jadi pertimbangan saat memilih brownies.
   Bandingkan jika memilih kue basah selalu ada perasaan khawatir basi karena umur simpannya tidak lama. Black forest lebih tahan simpan karena kandungan airnya yang sedikit dan kandungan gulanya cukup banyak. Gula bisa dianggap sebagai salah satu pengawet alami. Usaha brownies berkembang cepat karena pembuatan kue ini relatif mudah dan bisa dilakukan dari rumah. Tidak perlu keahlian seorang chef dan tidak perlu modal besar untuk merintis usaha black forest.

Alasan Mengapa Kita Memilih Ketan Sebagai Bahan Pembuat Kue
 Ketan adalah salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan lezat. Pada zaman dulu, hanya orang-orang di pedesaan saja yang menggunakan ketan untuk diolah menjadi makanan (tape). Berbeda dengan sekarang, hampir semua orang di desa maupun kota telah banyak yang menggunakan si ketan ini.
   Selain dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat, ternyata ketan juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, diantaranya :
a.      Tambah darah
Ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi (15,52 ppm) sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang terkena anemia ataupun wanita yang sedang menstruasi.
b.     Obat tradisional
Pengobatan Cina tradisional banyak yang menggunakan ketan hitam sebagai kunci pokoknya. Bahkan ketan juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup rendah dan kaya serat serta asam amino, menjadikan ketan ini begitu bermanfaat bagi kesehatan kita.
c.      Membersihkan kolesterol
Mengkonsumsi ketan (tanpa campuran santan) dipercaya dapat membersihkan kolesterol dalam darah.
d.     Detoksifikasi
Ketan mampu berfungsi sebagai detoksifikasi sehingga akan meringankan kinerja ginjal. Jika ginjal bekerja terlalu keras bisa mengakibatkan berbagai efek buruk seperti gagal ginjal. Dengan adanya bantuan ketan, kinerja ginjal akan semakin terbantu.
  Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam pembuatan black forest adalah:
·        Bagaimana cara membuat black forest dengan bahan tepung ketan?
·        Bagaimana hasil perbandingan black forest dari tepung ketan dengan black fores yang ada di pasaran?
Tujuan
1.   Tujuan umum
Mengetahui cara pembuatan black forest tepug ketan.
2.   Tujuan khusus
Mengetahui perbandingan hasil pembuatan black forest dari tepung ketan dan black forest dengan tepung biasa.
 Kegunaan Program
a. Bagi mahasiswa
·   Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di kampus dipadukan dengan ilmu-ilmu yang relevan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa.
·   Mahasiswa dapat menciptakan peluang usaha dengan mengolah black forest dari tepung ketan.

b.   Bagi masyarakat
·   Masyarakat dapat membuat black forest dari selain tepung terigu yaitu dari tepung ketan.
·   Masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dari produksi pembuatan black forest tepung ketan.





BAB II
LANDASAN TEORI

   Kue Black Forest (Bahasa Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte) adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasserschnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder ("Black Forest").Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915. Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu. Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini. Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.
   Black Forest merupakan jenis cake yang sangat legendaris. Mulai dari masyarakat kota sampai di pelosok kampung pasti sudah mengenal jenis cake ini. Black forest sendiri lebih sering dikonsumsi sebagai kue ulang tahun.
   Untuk membuat cake jenis black forest ini, kita bisa menggunakan beberapa jenis cake. Mulai dari cake kukus maupun cake panggang. Untuk cake kukus, kita bisa menggunakan jenis brownies kukus, bisa yang rasa coklat, keju, vanila, pandan, maupun rasa-rasa favorite kita. Untuk jenis cake panggang, yang paling sering dipake untuk membuat black forest adalah jenis sponge cake.



BAB III
PEMBAHASAN

1.   PEMBUATAN
Bahan
 Bahan Pembuatan Kue
4 kuning telur
3 telur utuh
 1 gelas gula pasir
1 gelas tepung ketan
1 gelas coklat bubuk
  Vanili 1 sendok teh
  ¼ kg gula putih halus
  ¼ kg mentega putih
Tbm / sp 1 sendok
3 sachet susu cair coklat
Minyak goreng secukupnya
250 gr margarin
Bahan Hiasan
Mentaga Putih
Cherry 9 buah
 Choklat batangan
Peralatan
Kompor Gas
Mixer
Loyang
Pisau
Pengaduk kayu
Panci
Baskom
Sendok
Piring
Kantung plastik
  
Cara pembuatan Black Forest
Cara membuat spons cake
 Kocok  4 kuning telur, 3 telur ayam utuh, dan 1 gelas gula pasir selama 20 menit sampai mengembang menggunakan mixer.
Tambahkan 1 sendok TBM, ke dalam adonan.
Masukkan campuran tepung ketan 1 gelas dan 1 gelas coklat bubuk  secara sedikit demi sedikit sambil dimixer secara perlahan.
Memasukkan margarin 250 gram yang telah dilelehkan secara perlahan ke dalam adonan.
Memasukkan minyak goreng 3 sendok.
 Memasukkan susu coklat cair  3 sachet dan aduk sampai rata dengan spatula
 Tuang ke loyang 20x20x4 cm yang telah dioles margarine.
Kukus 20 menit sampai matang dengan api sedang.

 Cara membuat wipe cream
Mengocok margarin putih ¼ kg dan gula putih bubuk ¼ kg dengan mixer hingga teksturnya lembut.
Oleskan campuran tersebut ke permukaan kue.
Hias dengan serutan coklat dan cherry.

Tabel Laporan Hasil Pembuatan Black Forest

No
Pembeda
Bahan tepung biasa
Bahan tepung ketan
1
kepadatan
Lebih padet
Sedikit kenyal
2
tekstur
Lembut
Lebih lembut
3.
harga
Mahal
Murah
4
gizi
Kurang sehat
Sehat

Rincian Biaya Pengeluaran Pembuatan
Nama Bahan
Jumlah
Harga
Tepung  beras ketan
0,5 kg
7500
Telur ayam
7 butir
7000
Gula pasir
¼ kg
3500
Gula putih halus
¼ kg
3500
Margarin
250 gram
5300
Mentega putih
¼ kg
4000
Coklat batang
¼ kg
10000
Coklat bubuk
1 gelas
11400
Susu coklat cair
3 sachet
3000
Minyak goreng
3 sendok teh
0
Vanili
Secukupnya
0
TBM
Secukupnya
0
Cherry
1 sachet
5000
TOTAL
60200


Disusun oleh:

Listiawan   (K4310049)
Sania Novita   (K4312058)
Tyas Ana Cahyanti  (K4312066)
Winarni  (K4312074)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Makalah Pembuatan Black Forest Tepung Ketan Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan