Latest News
Monday, May 19, 2014

Agar hidup maksimal dan waktu bersahabat


Terkadang kita banyak mengeluh karena banyak tugas , laporan , UKD, dan amanah organisasi yang selalu datang menghampiri tiap hari dan setia menemani hidup kita. Tapi itu bukan suatu masalah, tapi merupakan warna hidup dan kewajiban yang harus kita jalani dan kita lalui meskipun terasa berat, malas , bosan dan capek. Namun kita tak kan merasakan hal itu jika kita mampu memanajemen dengan baik. Mengelola waktu memang masalah yang lumrah (baca : biasa) dihadapi oleh siapapun yang ingin selalu lebih produktif, efektif, sekaligus efisien. Kesuksesan  nggak akan pernah mengabaikan dimensi waktu, karena waktu berbanding lurus dengan kesuksesan. Dengan kata lain waktu merupakan salah satu kunci suatu kesuksesan atau nilai dari sesuatu. Untuk itu kita harus belajar bagaimana mengatur rencana agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Karena waktu ibarat “motor” dia bisa bermanfaat jika kita mampu mengendalikan waktu, bisa memberikan dampak positif , ketentraman hati dan kebahagiaan. Namun juga bisa menjadi “pembunuh berdarah dingin” yang mampu membuat hati tidak nyaman, kehidupan tak karuan berantakan dan membuat hidup tak bermakna. Kesempatan tak akan datang, jika kita tak membuat peluang untuk dia hadir. Mungkin ini tips yang dapat kita laksanakan agar kesempatan selalu menemani kehidupan kita ..

1st …. Renungkanlah hal yang telah kita lakukan selama ini ( ingat !!! merenung berbeda dengan melamun, walaupun sama sama diam ..  J Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah memulai dengan mengindentifikasi bagaimana kita menghabiskan waktu sepanjang hari. Jika banyak terbuang sia-sia, aturlah kembali aktivitas kita untuk dapat melakukan lebih masimal dalam setiap menitnya. Setelah itu mari ikuti langkah dibawah ini :

2nd… Dalam mengelola waktu dan rencana kita harus membuat skala prioritas. Hal ini merupakan salah satu kunci para aktivis dalam menjalani kehidupan kuliah dan organisasinya. Susunlah rencana aktivitas yang harus kita lakukan berikut dengan prioritas tujuan utama. Pilihlah aktivitas dari yang terpenting sampai yang kurang penting. Kita dapat menggunakan notes dan reminder pada hape untuk membantu mengingatkan kita.

3rd … Prioritaskan tugas-tugas kita dengan menempatkannya dalam urutan terpenting. Jika kita mengalami kesulitan menentukan apa yang paling penting maka tanyakanlah pada diri kita, apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar kita? Apakah kita memiliki tenggang waktu? Jika sudah demikian menentukan prioritas menjadi lebih mudah. Misalkan dalam memilih mengerjakan laporan praktikum, tugas dosen atau UKD. Yang diutamakn yaitu UKD, tugas dosen lalu laporan praktikum. Tapi jangan lupakn tugas diluar kuliah misalkan amanah organisasi, prioritaskan kapasitas dan hal apa yang lebih mendesak.

4th…. Perkirakan berapa banyak waktu yang akan tersita untuk dapat menyelesaikan setiap aktivitas. Hal yang nggak boleh dilupakan adalah menjadwalkan waktu istirahat ataupun bersantai. Kurang istirahat dapat membuat tujuan kita kurang sesuai dengan harapan. Kurangi lebur sampai larut malam ataupun sampai dini hari. Sebaiknya tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi, ini merupakan salah satu aktvitas yng dicontohkan rasulullah SAW.

5th… Jaga kesehatan kita supaya tetap diatas 85% . Jangan lupa bahwa salah satu aspek pendukung kita dalam menjalani aktivitas. Jika kita sampai sakit maka aktivitas kita akan terganggu dan rencana kita akan berantakan .  so, keep our health 100% !!! jangan lupa jaga makan kita dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. .

6th… Jika kita merasa kesulitan dan sangat terdesak, kita bisa meminta tolong kepada teman kita untuk membantu. Dengan begitu kita bisa mengerjakan tugas dengan maksimal. Jangan lupa tulis nama teman kita yang disetiap tugas yang telah dibantu oleh teman. Yang penting jangan lupa balas budi, minimal traktir makan malam dengan nasi goreng lah, insya Allah teman kita senang dan tak akan merasa menyesal telah membantu kita…. hehehe

7th…. Yang utama dan terutama yaitu jangan pernah menunda waktu atau rencana kita karena kebiasaan menunda bak monster pelahap waktu dalam diri sendiri. Bila kita nggak mulai belajar berkomitmen dan melatihnya, dipastikan kita akan selalu berada pada situasi kritis, melakukan pekerjaan terburu- buru karena desakan waktu. Nggak dapat focus dan maksimal mengerjakannya. Bahkan kita dapat mengalami stress.

8th….. Yang terpenting konsisten pada rencana kita. Jadwal yang buat dapat terlaksana dengan benar jika kita berkomitmen degan hal itu. Jangan sekali- kali “selingkuh” dari jadwal jadwal itu atau mengabaikannya. namun jika ada kegiatan yang penting dan mendesak, maka kita boleh mencantumkan untuk mengganti kegiatan yang kurang penting dan masih bisa ditunda

Tolong diresapi dan dipahami  !!! Jangan sampai kita membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa hasil yang jelas  karena waktu tidak akan dapat diputar kembali . waktu takkan menunggu kita jika kita bemalas- malasan dan tak memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
So jangan lupa berdoa disetiap aktivitas kita dan meminta restu orang tua. Insya Allah akan membawa kelancaran di berbagai hal. Tetap semangat dalam menjalani kehidupan walaupun hidup terkadang sulit dan tak berjalan sesuai dengan keinginan. Tetap optimis bahwa yang kita lakukan mampu menjadi bermanfaat bagi kehidupan (baik dunia maupun akherat). Jalanilah hidup dengan keyakinan dan senyuman, niscaya akan terasa mudah. ^.^  (list)
Ref: indosat magz
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Agar hidup maksimal dan waktu bersahabat Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan