Latest News
Monday, July 29, 2013

pemimpin itu jelas

Pemimpin itu yang memimpin.. memimpin itu memang butuh perjuangan.. perjuangan itu tidak boleh ditelan mentah hanya sekedar aksi fisik.. namun perjuangan itu diselaraskan dengan aksi pikiran hati dan ideologi.. dari kombinasi komponen jasadiyah, ruhiyah dan fikriyah itu seharusnya komponen pemimpin itu sendiri..

  • Pemikiran yang jelas


seorang pemimpin itu harus mampu menghasilkan pemikiran arah yang jelas, metode mengarahkan yang jelas, serta destinasi yang jelas.. misalnya nih, seorang pemimpin indonesia ingin membuat indonesia ini makmur sejahtera, dari arahnya sudah tercipta, metodenya dengan memajukan pembangunan di sektor perekonomian yang bersih.. nah supaya lebih jelas tujuan akhirnya dipatok oleh hasil yang jelas, misalnya kenaikan pertumbuhan ekonomi 5 %.. dengan diawali dengan berbagai hal yang jelas, maka progress yang dilakukan bisa terlihat nyata dan mampu termonitoring dengan baik..

  • Jadi panutan


Pemimpin itu adalah wajah terdepan dari semua hal yang dipimpinnya.. sudah selayaknya memiliki profil yang baik bagi yang dipimpinnya.. pemimpin adalah contoh bagi yang dipimpinnya, ing ngarsa sung tuladha, di depan memberika teladan.. segala hal positif sudah selayaknya dia amalkan.. jika dia memberikan wejangan untuk hidup bersih, maka sudah selayaknya dia memberikan contoh dengan perilakunya yang menjaga kebersihan.. jika dia memberikan teladan hidup untuk menghargai waktu.. maka dalam hidupnya harus tersusun teratur dan tepat waktu.. karena sekedar bicara itu tak cukup, perlu keteladanan yang mampu menginspirasi menggugah hati..

  • Mampu mengerjakan populer


Populer disini yang dimaksud adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat.. seperti menyapu, membuang sampah, mengepel, memperbaiki genting, memperbaiki alat elektronik dll .. pemimpin itu selayaknya tidak hanya mampu memberikan komando saja.. multitalent sehingga ketika yang dipimpinnya membutuhkan sesuatu, dengan sigap dia mampu membantunya.. sejatinya pemimpin adalah pelayan masyarakat, bukan yang dilayani oleh masyarakat..

  • Mampu mempengaruhi orang lain


Kembali melihat sosok seorang sukarno, dialah presiden pertama indonesia, mampu berpidato yang membakar jiwa,  berorasi yang mampu menyihir semua rakyatnya agar mau melaksanakan perintahnya untuk mepertahankan kemerdekaan indonesia..

Public speaking adalah senjata utama dalam memimpin, tanpanya bagai sepeda tanpa pedal.. Kalau pemimpin berpidato saja membuat mengantuk dan ditinggal tidur, apalagi program kerja yang sudah disusunnya, komandonya ? akankah dipatuhi dan dijalankan?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: pemimpin itu jelas Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan