Latest News
Saturday, May 11, 2013

Semua itu berawal dari yang Kecil

DSC05557sebenarnya hal ini sudah lumrah dibicarakan oleh masyarakat. sering sekali bahkan malah sudah menjadikan bosan, namun konsep dasar dari hal itu pun sulit untuk dihayati dan diterapkan. misal dalam membuang sampah pun masih seenaknya sendiri, kadang lempar saja di sembarang tempat.
seperti kata Aa Gym, perubahan itu bisa dilakukan, dimulai dari yang terkecil, dimulai dari diri sendiri, dimulai dari sekarang.

penggunaan fasilitas pun juga harus dipikirkan masak- masak misal BBM nih, masa jarak termpuh 100 m dan tidak ada sesuatu yang darurat masih pakai motor. penggunaan barang barang yang dirasa tidak perlu karena subtitusinya masih ada sebaiknya juga di hindari.

misalkan makanan ringan yang sebenarnya bisa dimakan bareng bareng itu tidak perlu dibungkus lagi.. ya meminimalisir penggunaan plastik lah.. tahu sendiri plastik yang kita gunakan belum bio degradable. gunakan saja piring besar untuk menampung makanan itu, dan kita pun bisa nikmati bersama, insya Allah lebih merekatkan ukhuwah.kegiatan yang bersifat rutin pun sebaiknya kita harus bisa memikirkan penggunaan alat yang pas, usahakan mengunakan property yang dapat digunakan kembali (re-use) supaya meminimalisir sampah yang ada.

kalau dibilang berjasa terhadap lingkungan , menurut saya adalah pemulung. merekalah yang sabar, mengkiasifikasi bebagai sampah menjadi kategori tertentu supaya dapat di daur ulang. daripada mahasiswa yang menggembar gemborkan go green namun mereka masih mencetak selebaran berasal dari kertas, pada akhirnya pun bertebaran di jalan. langkah konkrit sih sebaiknya longmarch aja sambil memunguti sampah yang ada di sekitar kita.

berat sih memang, namun insya Allah bermanfaat, kalau tidak dimulai dari generasi kita, trus siapa lagi? bicara saja bukanlah suatu solusi, namun aksi nyata dan berkontribusi aktif, penerapan dari ngarsa sung tuladha (di depan memberikan contoh), ing madya mangunkarsa ( di tengah memberikan semangat) , dan tut wuri handayani ( di belakang memberikan dorongan) itu lebih baik dari pada hanya sekedar konsep dibenak saja.

yuk dimulai dari sekarang, bumi menunggu aksi nyatamu !!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Semua itu berawal dari yang Kecil Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan