Latest News
Rabu, 21 November 2012

fistum nutrient

Pada hari sabtu, kami melakukan persiapan praktikum fistum. Dan pada praktikum ini terdapat pembagian dan pembentukan tim untuk melaksanakan jobdesk yang sudah diteapkan oleh PJ praktikum. Saya tergabung dalam TIM 9. Tim ini bertugas sebagai penyeleksi media tanam bertugas dalam menyeleksi media tanam yang akan dipakai denga ukuran 2,5mm-5mm. dengan anggota Fitri Astuti,  Yakin Silaban Ni’matul, Listiawan, Didix N Qodarnisa, Risaul Adika, Amalia Hasanah dengan deadline : Sabtu, 10 november 2012 pukul 09.00.
Untuk itu kami pada hari jumat sore sekitar pukul 16.30 melakukan “grand opening penyeleksian media” dengan mengayak pasir di depan GERPUS (gereja pusat) yang sebelumnya keberadaan pasir ini dicari oleh tim 2 dan menggunakan ayak pasir yang disediakan oleh tim 5. Dari ayakan tadi kita megambil kerikil yang terseleksi dengan 3 kali penyaringan. Ayakan yang digunakan 2 ukuran yaitu yang besar dan yang kecil.  Karena sudah mejelang magrib kami menyudahi agenda ini dan berhasil mengumpulkan kerikil sekitar 7 kg.  namun Alhamdulillah kita masih bisa bertemu dengan asisten ( mbak asih) untuk memastikan ukuran krikilnya apakah sudah sesuai atau belum. Dan ternyata sesuai, tinggal menyiapkan tenaga untuk esok hari untuk menyelesaikan amanah yang kami pikul.
Pukul 07.15 hari sabtu kami berkumpul kembali di depan lab fistum kembali untuk mengayak pasir yang berada di depan gerpus. Berbekal ayakan kemarin dan beberapa ember kami melanjutkan pekerjaan ini. Menjelang pukul 08.20 teman- teman yang lain mulai bermunculan, ada yang mebawa botol dan peralatan lain. Ada juga yang menghampiri kami untuk membantu. Sekitar pukul 08.50 an pekerjaan ini selesai. Kami berhasil mengumpulkan kerikil sekitar 28 kg. pada saat mengayak kami juga bercanda dan berdiskusi sembari menghangatkan suasana yang agak dingin karena pasca hujan. Setelah kegiatan ini kami juga masih menyempatkan untuk mengabadikan momen momen ini untuk berfoto bersama.
Setelah itu pasir kami cuci dengan tim 10 di samping gedung D untuk menghilangkan pasir yang menempel serta membersihkan dari berbagai bahan- bahan yang tidak diperlukan. Setelah itu di ayak lagi untuk memastikan ukurannya. Setelah itu dijemur dibawah sinar matahari supaya kering.
Kemudian ada kegiatan lain yang kami lakukan yaitu menimbang zat- zat yang akan dibuat larutan stok, memotong botol, membuat label botol, mencuci alat yang masih kotor. Ada juga yang survey ke berbagai lokasi untuk mencari tanaman yang akan digunakan. Kegiatan ini selesai sekitar pukul 11.30. ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan praktikum nutrient, dan masih berlanjut untuk hari- hari berikutnya.

Untuk hari senin tanggal 16 november 2012 ada persiapan lagi terkait praktikum nutrient, dari jarkom kita diminta kumpul jam 07.30 namun saya bisa membersamai teman- teman karena paginya saya membantu di agenda SIFT JN UKMI UNS yaitu di tim sie stand. Karena panitianya sebagian ada kuliah, dan itu memang amanah. Mengingat agenda ini merupakan agenda besar tingkat universitas jadi saya membantu di sini dahulu. Dari mencari alat, mengangkat berbagai peralatan yang perlu dipasang di sana. Dan persiapan ini cukup memakan waktu sehingga saya bisa menyusul praktikum fistum jam 09.45 an. Setelah berkumpul teman- teman saya membantu di persiapan media tanam yang terdiri dari kaleng, potongan botol, kain kasa dan kerikil, untuk disusun menjadi media siap tanam. untuk pembuatan larutan dan tanaman sudah ditangani oleh tim lain yang anggotanya sudah cukup banyak. Untuk mengangkut media tanam ke green house saya tidak bisa ikut, karena menjaga pretest praktikum AMT dan membersamai praktikan sampai selesai.

dari berbagai kegiatan yang dilakukan dapat diambil ibrahnya bahwa kekompakan dalam tim itu sangat penting. dan rasa tanggung jawab dan memiliki itu sangat dibutuhkan, dengan adanya rasa itulah integritas sebagai pemegang amanah dapat dibuktikan. suatu kegiatan itu juga memerlukan jobdesk supaya terjadi pembagian kerja supaya segala potensi dalam tim (anggota) itu bisa dimaksimalkan. dan untuk menunjang apa yang disebutkan tadi yaitu perencanaan yang jelas dan terarah serta SOP yang terperinci. kemudian jika terbentur dalam 2 kegiatan kita juga perlu membuat skala prioritas menurut kemampuan, kapasitas kita disana, dan perbandingan SDM yang mendukung 2 kegiatan tersebut.

semoga bermanfaat...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: fistum nutrient Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan