Latest News
Friday, October 5, 2012

evaluasi laporan praktikum anchord

bismillahirahmanirrahim..
berdasarkan hasil laporan anatomi chrodhata dengan judul pisces yang telah terkumpul dan terkoreksi, ada sedikit masukan terkait dengan cara menulis laporan yang lebih efisien dan lebih baik insya Allah. hal tersebut kami cantumkan dalam poin- poin berikut. 
  1. dalam menulis dasar teori tidak perlu sampai 3 lembar atau lebih. cukup maksimal dua lembar dengan penekanan pada inti teori (garis besar) atau materi tidak dibahas dalam pembahasan gambar namun mendukung dasar dasar dari judul praktikum yang dilakukan.
  2. diharapkan mencantumkan catatan kaki pada setiap teori yang dikutip. karena dalam penulisan laporan yang baku catatan kaki merupakan pendukung ke"ilmiah"an sebuah laporan. selain itu juga meminimalisir plagiatisme dan memupuk rajin membaca buku referensi (terutama ke ruang baca biologi)
    dasar teori
  3. alat dan bahan boleh digambar. namun kami menyarankan tidak perlu demi efisiensi waktu.
  4. cara kerja sebaiknya disesuaikan dengan tujuan praktikum. masih banyak yang menuliskan setelah membedah langsung menggambar sistem organ. sebaiknya menuliskan mengidentifikasi dan mengamati organ dan sistem organ sebelum poin itu tadi. kemudian sebelum membedah sebaiknya mengamati morfologi dari organisme yang akan dibedah untuk pengetahuan umum dan dasar taksonomi.
  5. dalam cara kerja sebaiknya digambar alat dan bahan serta skema cara pembedahan.
  6. klasifikasi masih banyak perbedaan satu sama lain. hal ini masih tergolong wajar karena tergantung dari sumber (dasar atau ahli taksonomi) yang dianut.
  7. gambar dan pembahasan
  8. data pengamatan dan pembahasan terintegrasi menjadi satu. jadi setelah menggambar langsung membahas dari gambar itu (seperti di laporan AMT dan KKC) sehingga dalam pembahasan terjadi sinkronisasi antara gambar dan poin pembahasan. misal saat membahas caput, kita bisa langsung melihat gambar yang tertera di atas pembahasan, tidak perlu melihat ke halaman sebelumnya.
  9.  di dalam pembahasan juga boleh mencantumkan kutipan dan catatan kaki untuk mendukung pembahasan dari setiap sistem organ.
  10. sesuaikan kesimpulan dengan tujuan praktikum. pada dasarnya kesimpulan adalah menjawab dari tujuan. selain itu kesimpulan juga bisa juga berisi informasi penting dari apa yang sudah dibahas.
    contoh daftar pustaka
  11. sesuaikan daftar pustaka dengan kutipan yang ada di pembahasan dan dasar teori. jadi jumlah dari daftar pustaka itu tergantung dari catatan kaki yang tercantum pada pembahasan dan dasar teori.
  12. lampiran berisi laporan sementara dan jawaban pertanyaan yang ada dimodul.

demikian sedikit masukan dari kami untuk penyusunan laporan praktikum. semoga bermanfaat untuk kita semua.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: evaluasi laporan praktikum anchord Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan