Latest News
Rabu, 19 September 2012

review pratikum pertumbuhan


Pada hari sabtu itu kami melakukan praktikum fisiologi tumbuhan dengan judul “pertumbuhan". Kegiatan itu seperti biasa, tidak ada yang tepat waktu, praktikum ini dimulai jam 07.15 dan saya datang 07.10. kegiatan ini diawali persipan alat dan persiapan green house yang berlokasi di lab pusat UNS. Untuk mahasiswa putra mendapatkan tugas mencari tanah, mengingat dari perkiraan kami kombinasi tanah dan kompos yang sudah diaduk  di hari sebelumnya masih dirasa kurang.berbekal alat cangkul, karung, dan ember kita langsung meluncur ke danau pertanian. Berbekal supra X, saya melaju ke sana, namun saya mampir ke lab pusat UNS untuk mengecek kesiapan green house, ternyata di sana masih belum siap dan masih bersih bersih, dan green house, ternyata disana masih kotor sekali dan tidak terawat. Sekitar 12 mahasiswi yang membersihkan, dan 2 orang mahasiswa yang ditugasi membantu disana ternyata masih belum datang. Otomatis saya membantu disana sekitar 20 menit.


Beberapa sudut green house masih banyak sarang laba- laba dan tanah berserakan. Berbekal sapu dan bamboo untuk membersihkannya. Serta beberapa rak dan lantai harus berulang kali disapu serta merapikan batang bamboo yang berserakan. Setelah dirasa mahasiswi tinggal mengepel saja langsung saja saya meluncur ke danau. Ada sudah 2 orang mahasiswa yang sudah standby disana dan beberapa personil lainnya izin untuk sarapan terlebih dahulu supaya tenaganya prima.

 
Mengingat kondisi saya yang belum boleh momforsir fisik terutama fungsi tulang belakang, seperti mencangkul dan mengangkat karung. Maka jobdesk saya mengangkut tanah dari danau ke lab pusat UNS. Bersama motor dan tali karet ban yang biasa untuk mengangkut pupuk dan hasil panen di rumah, maka saya mengangkut tanah itu 3 kali PP. pada sector pengadukan tanah dan kompos sudah selesai memasukkan campuran tanah dan kompos sudah selesai memasukkan ke polibag, dan langkah selanjutnya polibag itu dibawa ke green house. Saya ganti mengangkut polibag itu dengan sepeda motor sekitar 4 kali PP, karena sekitar 12 motor yang bisa mengangkut itu. Saya meninggalkan angkut tanah karena personil yang sarapan tadi sudah datang dan angkut polibag lebih membutuhkan bantuan. Sekitar jam 09.30 pekerjaan ini selesai.

Setelah proses angkut mengangkut selesai, dari angkut tanah dan kompos serta polibag selesai, maka proses berikutnya mengaduk tanah dan konpos season 2 dengan perbandingan. Selain itu proses penyiraman campuran tanah dan kompos di polibag supaya lebih memadat dan pada nantinya akan ditambah tanah supaya penuh.
Ada juga yang bertugas membuat label untuk setiap polibag dari K1- D0 sampai K3- D3 dari kelompok 1- 8. Setelah polibag semua sudah siap maka polibag tadi diangkat ke atas (green house lantai 2) dengan cara estafet. Dan polibag tadi dikelompokkan berdasar kultivarnya. Kami juga mempersiapkan kultivar kentang hitam yang akan di tanam dengan memilahnya.
Setelah polibag tertata rapi kira- kira pukul 11.00 kami mulai menanamnya, caranya dengan membuat cerukan kecil dan kultivar tadi dimasukkan ke dalamnya lalu ditutup dengan tanah. Dengan catatan tunas mudanya jangan sampai tertutup tanah. Setelah itu diberi pupuk dengan cara pupuk itu disebar secara melingkar di sekitar kentang dengan radius kira- kira 2,5 cm. karena nantinya pupuk itu terkena air tidak memberikan efek panas ke kentang. Dan kegiatan ini selesai sekitar pukul 11.40.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: review pratikum pertumbuhan Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan