Latest News
Minggu, 02 September 2012

penelitian pendidikan biologi part 1

dalam perkuliahan kali ini dapat diambil point penting, bahwa penelitian dan pendidikan biologi tak dapat dipisahkan.. mengapa...? 
karena dalam pembelajaran sains itu untuk mengetahui kebenaran suatu hipotesis diperlukan pembuktian melalui penelitian maupun praktikum... dalam penelitian pendidikan biologi juga dibahas bagaimana penelitian dalam dunia ini, kita bisa meneliti biologi murni (sains) ataupun meneliti pemebelajaran biologi dalam sudut pendidikan (PTK). karena dalam pendidikan biologi kita dapat dua aspek tersebut, maka kita bisa disebut biologi berpendidikan, hehe

banyak sekali manfaat jika dalam menjadi guru kita mampu melakukan penelitian, dengan itu kompetensi kita bisa bertambah, selain sebagai pendidik juga sebagai peneliti. diluar negeri sudah digalakkan bahwa guru itu juga harus bisa meneliti juga ( kata bu dosen). kalau indonesia mau maju maka kita harus sering - sering melakukan penelitian, mengingat perkembangan dunia itu berawal dari penelitian, dan sekarang perkembangan sains pun terporos pada dunia barat.. yuk negara timur, saat nya kita bangkit..

penelitian bagi guru tidak perlu muluk muluk.. cukup meneliti apa yang ada disekitar kita, kita kembangkan dari sudut pandang sains.. contohnya proses fermentasi tempe, tape, ciu.. banyak sekali siswa tahu rumus biokimianya.. nah guru juga harus tau dari segi real nya..
dengan itu mampu diterapkan dalam praktikum, mengingat dengan proses nyata itu lebih mudah diingat daripada membaca buku dan menghapalnya..

kemudian guru bisa juga melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas. hal ini bisa jadi sarana evaluasi dalam kegiatan pembelajaran, menentukan kelemahan untuk mencari metode yang lebih baik suapya pembelajaran lebih efektif dan efisien, siswa lebih mudah memahami konsep dan mengaplikasikan dalam berbagai permasalahan yang ada. melakukan penegembangan kurikulum pun lebih terarah, kearifan lokal terangkat. dengan adanya peneltian ini diharapkan mampu menambah khazanah pendidikan dan ilmu di indonesia melalui publikasi jurnal.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: penelitian pendidikan biologi part 1 Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan