Latest News
Tuesday, November 4, 2008

Trend Hotspot yang semakin Hot

Internet saat ini benar-benar telah merubah cara pandang dan hidup manusia, dari hanya melakukan kirim surat, membaca surat, mendownload dan upload file ke web, sampai dengan melakukan transaksi perbankan yang saat ini bisa dilakukan dengan ”one click”. Belum lagi dengan perkembangan koneksi Broadband Internet yang cepat yang semakin mendukung content-content web 2.0 dan content dengan bandwidth seperti Video/Radio Streaming dan lain-lain Internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang mengkoneksikan computer dan server diseluruh dunia dalam satu jaringan yang terpusat. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Dengan internet dapat membuat bias jarak, ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia.

pendahuluan
Internet saat ini benar-benar telah merubah cara pandang dan hidup manusia, dari hanya melakukan kirim surat, membaca surat, mendownload dan upload file ke web, sampai dengan melakukan transaksi perbankan yang saat ini bisa dilakukan dengan ”one click”. Belum lagi dengan perkembangan koneksi Broadband Internet yang cepat yang semakin mendukung content-content web 2.0 dan content dengan bandwidth seperti Video/Radio Streaming dan lain-lain Internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang mengkoneksikan computer dan server diseluruh dunia dalam satu jaringan yang terpusat. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Dengan internet dapat membuat bias jarak, ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia. Ada beberapa alasan mengapa Internet sangat cepat perkembangannya yang melebihi perkembangan teknologi lainnya seperti perkembangan radio, tv, dan Handphone,
yaitu:
1.Mengakses informasi dapat kapan saja dan dimana saja,
2.Biaya yang dibutuhkan relatif murah,
3.Teknologi Protocol yang semakin berkembang,
4.Aplikasi / content yang semakin beragam,

Ada banyak sumber daya di intenet, kalau kita bicara Internet ada banyak sekali sumber daya yang dapat dimanfaatkan di Internet baik berupa content, aplikasi atau suatu system, diantaranya adalah E-Mail, newgroups, chating, real player streaming, internet radio broadcasting, streaming video dsb.
HotSpot bukan kata yang ”ditakuti” pada saat kemarau tiba di Indonesia, karena menghasilkan asap yang terekspor ke negara tetangga, tetepi HotSpot Kata kuncinya , adalah sebuah koneksi yang mencapai 384 kbps sampai dengan 1,5 Mbps yang tidak lagi harus menunggu lama dengan koneksi seperti dial-up terdahulu, dan kecenderungan para pengguna yang ingin mengakses dari mana saja dan kapan saja informasi dan data baik yang bekerja dari rumah atau para pekerja dari luar kantornya misalnya di cafe-cafe atau di jaringan publik lainnya. Saat ini banyak sekali dijumpai dipasaran perangkat-perangkat yang telah mendukung komunikasi secara wireless atau nirkabel atau sering disebut Wireless Fidelity (Wi-Fi) adalah standar yang dibuat oleh sebuah konsorsium perusahaan-perusahaan produsen peranti LAN dan W-LAN, Wireless Ethernet Communications Alliance untuk mempromosikan kompatibilitas perangkat 802.11. Ditambah dengan Perkembangan dari perangkat Wi-Fi (notebook, PC) dan gadget (ex : PDA, Smart Phone, etc.) yang saat ini menjadi keharusan setiap vendor perangkat tersebut untuk mengintegratedkan Wi-Fi enabled didalamnya.

HotSpot adalah definisi untuk daerah yang dilayani dengan coverage area tertentu oleh satu layanan akses yang biasa disebut Access Point (AP) Wireless LAN yang menggunakan suatu standar 802.11 a/b/g, dimana pengguna dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan menggunakan perangkat sejenis notebook, PDA atau lainnya. Koneksi bisa berupa koneksi ke internet, ke server, sharing file, sharing perangkat dan sebagainya seperti layaknya menggunakan media kabel.
Perangkat AP ini biasa yang dijual dipasaran berupa ”Box” seperti produk dari Linksys, D-Link, Senao, Netgear, Compex, dan lain-lain. Perangkat inilah yang berfungsi untuk receive dan trasmit dalam coverage area dalam lokasi tertentu.
Gambar AP yang diakses pada sebuah area HotSpot

Ada beberapa kelebihan mengapa teknologi ini menjadi trend diantaranya ;
•Banyaknya disediakannya koneksi di tempat umum, seperti café, lobi hotel, restoran, executive lounge bandara dll.
•User bisa bekerja secara mobile tanpa harus mencari plug koneksi
•Membuang kerumitan kabel dan membuat perusahaan bisa konsentrasi ke business processnya
•Transfer data bisa mencapai 11 mbps dan tergantung standart yang digunakan
•Kompabilitas dengan banyak devices yang sudah terdapat Wi-Fi enabled
•trend dan branding
Standarisasi yang dibuat oleh IEEE (www.ieee.org), sebuah organisasi pembuat standarisasi dunia yang harus diikuti oleh vendor-vendor agar produknya dapat digunakan dan berkomunikasi dengan perangkat yang telah ada di pasaran. Untuk standarisasi WiFi sendiri dikenal standar 802.11 a / b /g. Suatu standar yang harus diikuti oleh vendor agar alatnya dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Standar 802.11 b mulai dikenalkan tahun 90’ an dengan standarisasi yang ada yang salah satunya kecepatan yang mampu 11 Mbps namun dalam perkembangannya lebar data/ bandwidth ini tidak cukup dengan perkembangan content yang ada, dibuatlah standar baru yaitu 802.11 a namun karena kompatibilitas yang tidak bisa “konek” dengan standar terdahulu dikarenakan menggunakan modulasi yang berbeda walaupun bisa membawa lebar data sampai dengan 54 Mbps, standart ini “jalan ditempat” dan pasar cenderung “menolak”. Maka dibuatlah standar baru 802.11 g yang bias membawa data dengan kecepatan 54 Mbps namun kompatibel penuh dengan standar 802.11b yang peralatannya sudah menjadi standar dipasaran dan diterima pasar. Chipset juga merupakan kata kunci untuk mendapatkan akses yang bagus pada saat didalam coverage area HotSpot, karena chipsetlah secara hardware yang melakukan “koneksi” proses receive dan transmit. Contoh chipset seperti Orinoco, Intel, Broadcom, dan lain-lain.
TABEL STANDAR IEEE

Cara penggunaan
1.pada saat mendeteksi adanya HotSpot area, maka aktifkan Wi-Fi devicesnya dengan tombol tertentu atau dengan software tertentu, tergantung dari perangkatnya.
2.Jika tidak terdapat Wifi Devicesnya pada perangkat notebook atau gadget, maka harus ditambah seperti USB,PCMCIA, CF, SD ...
3.klik Wireless Network Connection lalu click Refresh Network List....maka akan terlihat semua perangkat Wi-Fi HotSpot.
Gambar Dukungan perangkat Wifi di Control Panel OS Windows

Peralatan pendukung
1.Access Point indoor, sebuah perangkat pusat akses (access point) yang digunakan untuk melayani user dengan devicesnya dalam suatu coveraga area tertentu, misalnya dalam sebuah cafe, lokasi lobby, dalam ruangan tertentu, dan sebagainya
2.Wi-Fi Enabled (PCI Wireless, PCMCIA, CF, USB..)

Hotspot Wi-Fi mempunyai coverage area yang terbatas rata-rata cuman 100 m sampai dengan 200 m untuk perangkat indoor apalagi jika dipisahkan dengan dinding atau tembok. Maka diperlukan penempatan perangkat AP dengan tepat agar bisa mengcover semua area yang diinginkan
Perkembangan di Wonogiri
perkembangan WiFi Hotspot telah banyak dan menjamur di beberapa tempat di wonogiri. beberapa tempat dan Sekolah yang menyediakan akses Free Hotspot ini, seperti : SMA Negeri 2 wonogiri, SMK 1 Sudirman, SMP Negeri 1 wonogiri, Polres wonogiri, dan masih banyak lagi.




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Trend Hotspot yang semakin Hot Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan