Latest News
Saturday, October 25, 2008

sambiloto

Sambiloto, lihat khasiatnya dan cuekin pahitnya

Sambiloto, yang punya nama Andrographis paniculata, telah digunakan sebagai obat sejak dahulu kala. Mula- mula khasiat tanaman ini hanya dikenal di kalangan tertentu saja, seperti bangasawan dan kerabat kerabat keraton jawa. Seiring perkembangan zaman, khasiat sambiloto sebagai obat semakin luas dikenal dan diakui. herba sambiloto umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional. Bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, namun juga di India, China serta negara negara lain di Asia Tenggara. Kini, penelitian mengenai khasiat sambiloto telah banyak dilakukan, yang menunjukan bahwa herba sambiloto efektif untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Mengingat hal ini, sambiloto berpotensi sebagai tanaman obat yang penting di masa depan.
Apa khasiatnya ?
Sambiloto memang mempunyai segudang khasiat. Nah, khasiat ini tentu tak lepas dari kandungan zat aktif yang terdapat pada herbal sambiloto. Sebenarnya apa kandungan dari sambiloto? diantaranya adalah zat andrographolid, zat yang menghasilkan rasa pahit yang luar biasa pada sambiloto.disamping itu mengandung mengandung alkane, keton, aldehid, asam kersik dan damar. Zat kalium juga ada yang berfungsi meningkatkan jumlah urine sekaligus membantu mengeluarkannya. Kandungan minyak atsiri sambiloto bermanfaat sebagai anti radang.
Sambiloto memiliki khasiat utama sebagai antibakteri dalam pengobatan peyakit disentri dan radang lambung (enteritis), yakni dengan cara meminum air rebusan tanaman sambiloto atau serbuknya .tanaman ini juga berkhasiat untuk pengobatan influenza , bronchitis, TBC serta hepatitis. Untuk pengobatan TBC, khasiat herbal sambiloto sinergis dengan obat modern isonikotin hidrazid (INH).
Rebusan herba sambiloto juga dapat membantu imunitas tubuh karena meningkatkan daya fagositosis leukosit. Khasiat lainnya, rebusan herba sambiloto merupakan obat demam. Serbuk herba sambiloto juga dapat menurunkan kadar glukose darah. Untuk tujuan ini biasanya serbuk dicampur dengan daun kumis kucing. Peyakit disentri basiler juga dapat diobati dengan serbuk, pil atau tablet yang terbuat dari serbuk herba sambiloto. Banyak bukan khasiat dari sambiloto ? bahkan berkat kemampuannya merangsang daya tahan sel dan memproduksi antibody ekstrak sambiloto sudah digunakan sebagai salah satu zat penghambat HIV. Namun demikian , bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui disarankan tidak mengkomsumsi herba sambiloto.

From : El Fata
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: sambiloto Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan